1001 Alasan Bangga Jadi Orang Indonesia

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Jum'at 17 Agustus 2018 19:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 17 406 1938019 1001-alasan-bangga-jadi-orang-indonesia-oonnvOkKP9.jpg (Foto: Faridha/Okezone)

MERDEKA... Kerja Kita Prestasi Bangsa. Begitulah tagline HUT RI ke-73 yang mewujud menjadi sederet presasi Indonesia ke kancah dunia. Penasaran dan mau tahu apa saja?

Rendang hingga mie instan rupanya sudah mendunia lho! Karena bisa ditemukan di berbagai belahan benua. Jangan lupa aneka sambal Nusantara yang kini jadi buruan turis sebagai oleh-oleh representasi Indonesia.

(Foto: www.lahiya.com)

Selain makanan, aneka teh bercita rasa lokal disebut-sebut tak kalah dari teh premium Inggris. Varian kopi Nusantara pun jadi kegemaran coffe lovers dunia dengan harga membumbung tiada tara.

Potensi mendobrak pasar dunia dari jalur kuliner tadi diikuti pula perkembangan dari dunia fashion. Sekira satu dasawarsa lalu, Indonesia diprediksi menjadi kiblat busana Muslim dunia. Voila...saat inilah momennya. Berbagai brand fashion musim lokal tumbuh bak cendawan seiring kemunculan para desainer hijab. Produk mereka pun jadi barang ekspor andalan.

(Baca Juga: Cantiknya Para Srikandi di Kabinet Kerja, dari Susi Pudjiastuti hingga Sri Mulyani)

Para desainer asli Indonesia turut mengharumkan nama bangsa. Lantaran karyanya dipakai artis tenar seperti Madonna, Rihanna, dan Katy Perry. Siapa saja mereka?

Daripada tebak-tebakan, Okezone bakal kasih ulasan dalam puluhan artikel bertema I Love Indonesia. Klik lifestyle.okezone.com dulu, baru Okezoners bisa temukan ragam fakta kalau Indonesia patut mendapat emoticon cinta banget.

Seperti kecintaan pada batik yang tak kalah mencorong karena menjadi busana andalan para kepala negara seperti Vladimir Putin, Mahathir Muhammad hingga almarhum Nelson Mandela. Bangga banget sih!

Kebanggaan Okezoners sebagai Indonesians tentu tak terelakkan ketika memandang anugerah alam nan indah. Tak kalah dengan Afrika, tersohorlah 7 destinasi wisata padang rumput serta hamparan 10 geopark yang diakui badan warisan sejarah dunia, UNESCO. Kekayaan alam di lautan pun patut disyukuri. Spot snorkeling dan diving di Indonesia yang digemari penyelam dunia tersebar dari Sabang sampai Merauke.

(Baca Juga: Jawa Dinobatkan Pulau Terbaik 2018)


Indonesia lebih disorot lagi nih pariwisatanya karena ada 10 pulaunya yang dinobatkan sebagai Best Island in the World. Kerennya lagi, warga dunia mengakui 10 pantai terindah ada di Indonesia. Wisata halal di Indonesia juga jadi referensi yang dipanuti negara modern seperti AS, Jepang, dan Korsel. Magic!

Bagaimana dengan penerus pahlawan bangsa? Pada zaman modern, terlahir sosok-sosok pejuang yang membawa prestasi bangsa. B.J. Habibie, misalnya, bakal dikenang sebagai ilmuwan penerbangan Indonesia yang karyanya diakui dunia. Ada pula Fransiska Dimitri dan Mathilda Dwi Lestari, srikandi Indonesia yang taklukan gunung tertinggi di dunia. Serta Lalu Mohammad Zohri yang menjadi sprinter tercepat dunia.

Indonesia itu unik! Pasalnya, ada 5 penyakit yang cuma ada di Indonesia. Apa saja tuh? Lebih spesifik lagi ada hewan-hewan yang juga cuma hidup di Indonesia. Nah, pekerjaan khas orang Indonesia juga tak ditemui di negara lainnya. Nggak percaya? Okezone bocorin sedikit...yaitu Pak Ogah dan Starling.

(Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Indonesia yang Namanya Bikin Ngakak dan Merinding)

Makin penasaran? Simak Okezone Weekend pada hari Sabtu-Minggu, tanggal 18-19 Agustus 2018 mendatang. Dijamin kamu menjelma jadi Indonesia Lovers sejati!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini