Bangganya, Halal Tourism Indonesia Terbaik di Dunia, Ini Daerah-daerahnya!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 406 1938371 bangganya-halal-tourism-indonesia-terbaik-di-dunia-ini-daerah-daerahnya-tiwCsEYBpH.jpg Ilustrasi Halal Tourism (Islamic Center)

INDONESIA sebagai salah satu negara di dunia yang mayoritas penduduknya beragama Islam, sudah jelas ramah bagi wisatawan mancanegara muslim yang datang berlibur. Tapi, apakah Indonesia jadi destinasi wisatawa halal terbaik dunia? Belum tentu.

Namun, sebuah ajang penghargaan membuktikan Indonesia adalah negara dengan potensi wisatahalal yang menjanjikan dan ramah bagi muslim. Dalam penghargaan World Halal Tourism Awards 2016 (WHAT 2016) yang diadakan di Abu Dhabi, Indonesia berhasil memboyong penghargaan sebagai negara dengan wisata halal (halal tourism) terbaik, yang bahkan sebanyak 12 kategori sekaligus dimenangkan Indonesia.

 Baca juga: Perempuan asal 5 Kota di Indonesia Ini Diklaim Sebagai yang Tercantik

Beberapa kategori-kategori tersebut di antaranya World’s Best Airline for Halal Travellers, World’s Best Airport for Halal Travellers, World’s Best Halal Destination, World’s Best Halal Culinary Destination, World’s Best Halal Cultural Destination, dan masih banyak yang lainnya lagi. Kemenangan dari belasan penghargaan ini, patut Indonesia banggakan tapi jangan sampai terbuai dan merasa puas.

Pasalnya, pariwisata Indonesia memiliki target kunjungan wisatawan yang mesti dicapai tiap tahunnya, yang salah satunya bisa menggunakan promosi wisata halal. Dari sekian banyak destinasi wisata alam dan man made di Indonesia, berikut sejumlah daerah yang digagas Kementerian Pariwisata untuk dijadikan destinasi wisata halal.

1. Padang

Berlibur di Padang wisatawan muslim akan merasakan sensasi yang berbeda. Beberapa masjid di padang begitu menonjolkan kesederhanaan yang begitu menyentuh di hati, misalnya saja cara berwudu yang kebanyakan masjid langsung menggunakan keran, tapi di Padang hanya menggunakan sebuah mangkuk untuk mengambil air di dalam kolam. Untuk destinasi wisata alamnya, wisatawan muslim bisa menyambangi Pantai Nirwana, Air Terjun Lubuk Hitam, Air Terjun Nyarai, Ngarai Siano, dan Lembah Harau, semua pemandangan ini akan meningkatkan rasa syukur Anda terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 Baca juga: Hotman Paris Berikan 'Permen' Rp25 Juta untuk Joni Kala si Pemanjat Tiang Bendera

Wudhu

2. Lombok

Sering dikunjungi wisatawan mancanegara Lombok pun berhasil memenangi salah satu kategori di ajang penghargaan World’s Halal Tourism Award 2016. Maka, tidaklah heran jika Lombok pun dijuluki Kota Seribu Masjid, karena lingkungan wisatanya sangat ramah dengan wisatawan muslim yang datang. Indahnya Pantai Senggigi, Pantai Pink, Pantai Tebing, Gili Trawangan, Taman Narmada, dan Hutan Wisata Suranadi akan kian membuat Anda betah berlama-lama di Lombok.

3. Banyuwangi

Pelan-pelan menarik hati itulah Banyuwangi. Daerah yang sekarang mulai dilirik wisatawan mancanegara ini kabarnya akan segera menyaingi Bali. Keseriusan pemerintah menyulap Banyuwangi terlihat dari berubahnya Pantai Santen yang sudah jadi bersih dan memiliki deretan restoran halal.

 Baca juga: Selain B.J. Habibie, 5 Ilmuwan Indonesia ini Penemuannya Sudah Diakui Dunia!

Masjid Baiturahman Aceh

4. Aceh

Bicara soal wisata halal tidak lengkap tanpa adanya Kota Serambi Mekah, Aceh. Wisatawan mancanegara yang sering menyambangi Aceh biasanya datang dari Timur Tengah dan Malaysia. Meksipun Aceh sudah cukup terkenal, tapi pemerintah tetap mempromosikan dan mempersiapkan destinasi halal lainnya, seperti Sabang, Banda Aceh, Aceh Tengah, Aceh Tenggara, dan sepanjang pantai timur serta barat di Aceh.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini