5 Masjid Berarsitektur Unik Ini Hanya Akan Anda Jumpai di Indonesia

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 19 Agustus 2018 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 19 406 1938433 5-masjid-berarsitektur-unik-ini-hanya-akan-anda-jumpai-di-indonesia-620VKbwKBO.jpg Masjid Raya Sumatera Barat (Foto: nurhamidah.idris/Instagram)

PENDUDUK Indonesia yang mayoritas beragama Islam membuat masjid dapat dengan mudah ditemukan di sebuah daerah karena merupakan rumah ibadah. Mulai dari yang ukurannya kecil, sedang, hingga besar. Bahkan ada masjid yang bentuk dan arsitekturnya biasa saja namun ada pula yang tergolong unik.

Okezone telah merangkum 5 masjid unik yang hanya ada di Tanah Air. Berikut ulasannya seperti yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (19/8/2018) :

Masjid Menara Kudus

(Foto: mbahoerip/Instagram)

Sesuai dengan namanya, masjid ini terletak di Kota Kudus, Jawa Tengah. Keunikan dari masjid ini adalah arsitekturnya yang bergaya Hindu kuno cukup kental. Masjid Menara Kudus telah berdiri sejak jaman Majapahit yang dulunya beraliran agama Hindu. Seiring berjalannya waktu, pada saat proses penyebaran agama Islam, Sunan Kudus memanfaatkan bangunan ini.

Masjid Cheng Ho


(Foto: maswwee_/Instagram)

Sepintas dari namanya tentu sudah diketahui bila masjid ini mengandung unsur Tionghoa. Hal itu memang tidak salah sebab yang masjid ini memang didirikan untuk menghormati Laksamana Bahariawan asal negeri China yang beragama Muslim. Masjid Cheng Ho merupakan wujud rasa syukur dan penghormatan dari segenap Muslim di Surabaya dan Indonesia.

Masjid Pintu Seribu


(Foto: dimas_jupiters/Instagram)

Bernama asli Masjid Nurul Yaqin, masjid ini memiliki keunikan arsitektur. Umat yang hendak beribadah di sana bisa masuk dari berbagai pintu. Itulah sebabnya masjid ini mendapat julukan Masjid Pintu 1000. Lokasinya berada di Kota Tangerang, Banten.

Masjid Raya Sumatera Barat


(Foto: nurhamidah.idris/Instagram)

Berlokasi di persimpangan antara Jalan Khatib Sulaiman dan Jalan KH Ahmad Dahlan, Padang Utara, Kota Padang, Sumatera Barat, keunikan arsitektur dari masjid ini adalah tidak adanya kubah. Kubah digantikan dengan atap gadang khas rumah adat Minangkabau. Keunikan lain dari Masjid Raya Sumatera Barat adalah rancangannya yang bisa menahan gempa hingga 10 SR sekaligus shelter lokasi evakuasi bila terjadi tsunami. Masjid ini dapat menampung sekira 20 ribu orang.

Masjid Tiban


(Foto: septiyanc/Instagram)

Keunikan dari masjid ini adalah arsitekturnya yang sangat indah dan bahkan tergolong ajaib. Di dalam masjid, selain beribadah, jamaah juga bisa mengunjungi kebun binatang mini dan kolam renang. Masjid Tiban berlokasi di Desa Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini