Serunya Karapan Kambing, Atraksi Wisata Khas Kota Probolinggo

Antara, Jurnalis · Minggu 26 Agustus 2018 01:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 26 406 1941444 serunya-karapan-kambing-atraksi-wisata-khas-kota-probolinggo-69cJjEJXYp.jpg

ISTILAH karapan kambing tentu masih asing di telingga Anda. Ya, lomba serupa karapan sapi namun menggunakan kambing sebagai aktor utamanya itu menjadi salah satu atraksi wisata yang tak kalah menarik di Kota Probolinggo, Jawa Timur.

Tertarik menyaksikannya? Segera datang ke Kota Probolinggo karena kegiatan ini masih akan berlangsung hingga Minggu sore. Kegiatan yang dibalut dalam acara bertajuk Seminggu di Kota Probolinggo (Semipro) ini merupakan upaya melestarikan budaya lokal Kota Probolinggo.

"Karapan kambing menjadi salah satu potensi pariwisata yang harus terus dikembangkan mengingat itu merupakan salah satu budaya lokal yang perlu dilestarikan agar tak tergerus zaman," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo Tutang Heru Aribowo.

Semipro dibuka oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kota Probolinggo Gogol Soedjarwo di Lapangan Progo, Kelurahan Jrebeng Kulon, Kecamatan Kedopok, Sabtu.

Sebanyak 192 peserta mengikuti karapan kambing yang terbagi menjadi dua kelas yakni A Besar dengan jumlah 96 peserta dan B Kecil sebanyak 96 peserta yang berasal dari Kota dan Kabupaten Probolinggo serta Kabupaten Lumajang.

"Melalui kegiatan itu, kami memiliki tujuan melestarikan dan mengembangkan budaya lokal sebagai potensi budaya sekaligus sebagai ajang promosi wisata yang diharapkan dapat menambah daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Kota Probolinggo," tuturnya.

(Baca Juga: Berhubungan Seks Jam Segini Bikin Istri Cepat Hamil)


Sementara Asisten Pemerintahan Sekda Kota Probolinggo Gogol Soedjarwo yang hadir mewakili Wali Kota Probolinggo Rukmini mengapresiasi digelarnya karapan kambing dalam kegiatan "Semipro" tahun 2018.

"Karapan kambing merupakan salah satu kegiatan yang telah membudaya di Kota Probolinggo. Saya mengucapkan terima kasih kepada panitia atas terselenggaranya karapan kambing dalam ajang semipro tahun ini," katanya.

Menurutnya semua perlu mengembangkan potensi kepariwisataan yang ada di Kota Probolinggo termasuk karapan kambing dan acara itu merupakan upaya yang sangat bagus untuk mengangkat dan mengembangkan sekaligus melestarikan nilai-nilai seni budaya tradisional yang ada di Kota Probolinggo.

Setelah dibuka secara resmi, Gogol Soedjarwo berkesempatan melepas karapan kambing sebagai tanda mulai kegiatan karapan kambing yang akan memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Cup yang akan digelar hingga Minggu sore (26/8).

Piala bergilir yang diperebutkan para peserta juga diserahkan oleh pemenang tahun lalu kepada panitia dan selain piala, para pemenang nantinya akan menerima uang pembinaan.

(Baca Juga: Viral Penampakan Kuntilanak di Warung Makan Kawasan Puncak, Merinding!)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini