Menjelajahi Sabang, Surga Dunia di Ujung Indonesia

Agregasi Koran Sindo, Jurnalis · Senin 27 Agustus 2018 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 27 406 1942000 menjelajahi-sabang-surga-dunia-di-ujung-indonesia-tm1qKsH5Nc.jpg Wisata 0 Kilometer Sabang Aceh (Foto:Eko Purwanto/Sindo)

MESKIPUN banyak yang hafal dan mengenal lirik lagu "Dari Sabang sampai Merauke," tetapi tidak banyak yang tahu di mana letak kota ini sebenarnya. Sabang merupakan sebuah kota yang terletak di ujung paling barat Indonesia.

Wilayah Sabang sendiri terdiri dari 5 pulau besar dan kecil yaitu, Pulau Weh, Rubiah, Klah, Seulako, dan Rondo. Konon menurut sejarah, kelima pulau tersebut awalnya menyatu dengan daratan Sumatera.

Tetapi akibat bencana gempa ribuan tahun silam, kelima pulau tersebut terpecah-pecah, dan terpisah dari daratan utama. Secara geografis, Sabang merupakan bagian dari Provinsi Aceh dengan pusat kota yang terletak di Pulau Weh.

Tertarik saat Pemotretan, Pengusaha Ini Ajak Tidur Model Rhian Sugden dengan Bayaran Rp4,6 Miliar

Pulau Weh merupakan pulau terbesar dari kepulauan Sabang dan memiliki struktur berundak dengan garis pantai yang menawan. Pulau ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah barat dan selatan, serta Selat Malaka di sebelah timur dan utara. Sabang sendiri terdiri dari dua kecamatan yang terbagi menjadi 72 desa.

Meskipun namanya tidak sepopuler Bali dan Lombok, tetapi soal keindahan pantai, Sabang tidak bisa diremehkan. Lautan biru yang mengelilingi pulau menjadi daya tarik utama kawasan ini. Belum alam bawah lautnya yang indah dan kaya akan biota dan spesies laut.

Tidak heran jika banyak orang yang membandingkan alam bawah laut Sabang dengan Bunaken yang sudah terkenal hingga mancanegara. Jadi, tertarik untuk menjelajahi Sabang yang menawan? Jika iya, pastikan Anda sudah mempersiapkan semuanya dengan matang. Termasuk soal transportasi dan penginapan.

Untuk mencapai Sabang bisa menempuh jalur udara atau darat menuju Provinsi Aceh. Di Indonesia, ada beberapa maskapai yang melayani penerbangan ke kawasan Serambi Mekah tersebut.

Untuk mendapatkan jadwal penerbangan dan harga tiket pesawat promo gunakan jasa agen travel online Airy. Kenapa Airy? Karena dengan beberapa langkah mudah.

Bisa melihat maskapai mana saja yang melayani penerbangan ke Aceh, melakukan perbandingan harga, dan memesan tanpa harus kerepotan.

 5 Hal yang Sering Dilakukan Wanita, Tapi Tak Pernah Ngaku

Dari Aceh, perjalanan bisa dilanjutkan dengan kapal Fery atau menyewa kapal motor untuk menyeberang ke Pulau Weh. Di pulau tersebut bisa mencari berbagai penginapan murah termasuk penginapan Airy. Setelah beristirahat beberapa saat, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menjelajahi beberapa tempat wisata seru di Sabang seperti:

1. Tugu Nol Kilometer

Tugu ini merupakan penanda bahwa Sabang merupakan titik awal wilayah Indonesia. Meskipun kelihatannya tidak ada yang istimewa di tempat ini, tetapi berada di Tugu Nol Kilometer akan mendatangkan kepuasan tersendiri. Jika ingin berkunjung ke sini, datanglah ketika sore hai. Karena pemandangan matahari terbenam di Tugu Nol Kilometer terkenal indah dan menawan.

2. Pantai Iboih

Laut biru yang tenang merupakan daya tarik utama Iboih. Tidak heran jika di kawasan ini banyak orang yang menyelam atau melakukan snorkeling. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati keindahan pantai dengan menyusuri pasir putih yang menawan. Tidak hanya itu, kejernihan air laut Iboih sehingga membuat kapal kecil yang merapat di dermaga seperti melayang juga bisa menjadi pemandangan yang sulit untuk dilupakan.

A post shared by Aceh Indonesia (@wisataaceh) on

3. Pulau Rubiah

Jika berkunjung ke Rubiah, jangan lewatkan kesempatan untuk menyelam dan berinteraksi langsung dengan biota laut dan terumbu karang rubiah. Jangan lewatkan juga pemandangan matahari terbenam yang indah, sambil berbaring di atas pasir putih yang lembut.

Nah, itulah ulasan tentang kota Sabang yang menawan. Jika berkesempatan mengunjungi surga di ujung Indonesia tersebut, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen dan bentang alam yang mengagumkan sebagai buah tangan. Semoga informasi di atas bermanfaat. Yuk segera pesan tiket pesawat ke Aceh untuk liburan sebelum terlalu mahal. Selamat menjelajah.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini