Menatap Keindahan Florence Italia, Gudangnya Hasil Karya Seniman Ternama

Dada Sathilla, Jurnalis · Jum'at 31 Agustus 2018 06:42 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 30 406 1943872 menatap-keindahan-florence-italia-gudangnya-hasil-karya-seniman-ternama-2iYAEVwjnx.jpg Kota Florence. (Foto: Okezone)

KOTA Italia memang menyajikan banyak hal, mulai dari karya seni hingga keindahan bangunan di sana. Salah satu yang kerap menjadi tujuan wisata penikmat seni klasik dan budaya adalah kota Florence.

Kota kecil di Italia bagian tengah ini memiliki ratusan karya seni, galeri, istana, monumen, museum, dan gereja hasil karya seniman ternama dunia seperti Michelangelo dan Filippo Bruneleschi. Salah satu yang paling menakjubkan adalah Duomo, ikon kota Florence yang selalu dibanjiri turis dari pagi hingga petang.

Sebagai destinasi wisata populer di Italia selain Roma, Milan, dan Venezia, Florence mudah dicapai dengan berbagai macam kendaraan. Dari Milan, Florence bisa dicapai dengan naik bus atau kereta api selama 4 1/2 jam.

Baca Juga: Gara-Gara Ganti Baju di Lapangan, Pemain Tenis Cantik Ini Dikenai Denda

Kebanyakan turis mengunjungi pusat sejarah Florence, yang merupakan kawasan kota tua yang dikelilingi tembok dari masa abad pertengahan. Di kawasan yang telah dinobatkan sebagai world heritage site oleh UNESCO inilah Duomo berada.

Duomo atau katedral Florence sebenarnya bernama resmi katedral Santa Maria del Fiore namun lebih sering disebut sebagai Duomo. Ikon Florence ini sangat mudah ditemukan karena bentuk dan gaya arsitekturnya yang mencolok. Fasad gereja bergaya renaisans ini berwarna hijau, putih dan pink. Berkesan futuristik dan sangat kontras dengan bangunan abad pertengahan di sekitarnya.

Di samping Duomo ada beberapa bangunan megah nan memukau lainnya yang juga bergaya renaisans yaitu menara bel atau Campanile serta gedung bersegi delapan Florence Baptistry yang berada di alun-alun Duomo. Daya tarik utama Duomo terletak pada kubah bundar yang menjadi ciri khas kota Florence.

Kubah ini dibuat oleh seniman Italia Filippo Bruneleschi pada abad ke-15. Kubah yang dibuat dari batu dan semen ini hingga kini masih menjadi yang terbesar di dunia.

Baca Juga: 5 Tanda-Tanda Aneh yang Muncul ketika Anda Disukai Jin

Mengantre masuk ke Duomo menjadi pemandangan sehari-hari di Florence. Turis dari berbagai penjuru dunia rela antre demi bisa mengamati keindahan arsitektur dan lukisan karya seniman ternama dunia di dalam Duomo. Untuk masuk ke dalam pun tak dipungut biaya tiket masuk. Tak heran bila antrean mengular dari pagi hingga petang hari.

Meski gratis masuk ke dalam Duomo, bila turis ingin naik ke kubah Duomo yang terkenal itu maka perlu membeli tiket senilai 18 Euro atau sekira Rp301.600 yang sudah termasuk dengan tiket naik ke kubah, menara lonceng, makam bawah tanah, museum, dan baptistery.

Naik ke kubah Duomo menjadi aktraksi favorit bagi turis yang ke Florence. Hal ini tak lain karena adanya lukisan legendaris karya Giorgio Vasari dari abad ke-16 di bagian dalam kubah Duomo. Setelah puas mengamati karya seni klasik dunia, tentunya menikmati keindahan kota Florence dari puncak Duomo pun menjadi penutup tur ke Duomo yang pas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini