Setelah Banyuwangi, Kemenpar Ajak Atlet Asian Games Liburan ke Labuan Bajo

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 06 September 2018 19:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 06 406 1947055 setelah-banyuwangi-kemenpar-ajak-atlet-asian-games-liburan-ke-labuan-bajo-himgA9BeDD.jpg Labuan Bajo (Foto: Indonesia.com)

MENTERI Pariwisata Arief Yahya memuji langkah cerdik yang dilakukan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Belum lama ini, Anas diketahui menawarkan paket liburan gratis kepada para atlet yang berhasil meraih medali emas di perhelatan Asian Games 2018.

Ide "liburan gratis" ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Banyuwangi atas kerja keras para atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia pada pesta olahraga terbesar se-Asia itu.

Apresiasi liburan gratis ini juga sejalan dengan program Kementerian Pariwisata. Para atlet dianggap berpotensi dalam mempromosikan destinasi-destinasi wisata yang sedang berkembang di Tanah Air.

"Bupatinya pinter dan cerdik. Jadi dia numpang endorser sama atlet-atlet. Di industri pariwisata sendiri enrorser itu terbagi menjadi dua jenis, community endorser dan celebrity endorser. Kalau atlet ini saya tidak mau menyebutnya celebrity endorser karena mereka berprestasi," tutur Menpar Arief Yahya, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Kamis (6/9/2018).

atlet indonesia

(Foto: Laman Resmi Asian Games)

Arief mengatakan, ide mengundang atlet ini adalah salah satu cara terbaik untuk mempromosikan potensi wisata di daerah mereka. Biayanya pun relatif lebih murah.

"Terbukti kan, hanya dengan ngomong saja Bupati Banyuwangi sudah viral. Itu adalah promosi paling murah. Apalagi kalau sampai atletnya datang ke sana, dan buka baju," kata Arief Yahya disambut gelak tawa seisi ruangan.

Saat ditanya apakah Kemenpar memiliki niatan untuk melakukan hal yang sama seperti Bupati Abdullah Azwar Anas, Arief mengatakan bahwa pihaknya tengah menyiapkan apresiasi khusus bagi para atlet yang berprestasi.

"Kita akan memilih atlet-atlet yang berprestasi dan pelatihnya, lalu akan diberi paket liburan ke Labuan Bajo," tukas Arief Yahya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini