Sensasi Berpetulang di Wisata Alam Baru Air Terjun Tarzan di Malang

Avirista Midaada, Jurnalis · Minggu 09 September 2018 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 09 406 1948032 sensasi-berpetulang-di-wisata-alam-baru-air-terjun-tarzan-di-malang-ywluzHqg4P.jpg

MALANG - Letaknya yang dikelilingi pegunungan dan bukit menjadikan Malang raya memiliki potensi wisata alam yang begitu banyak. Di antara wisata alam tersebut, air terjun salah satunya, atau dalam bahasa Malang menyebutnya coban.

Di Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, tepatnya di kaki Gunung Bromo, terdapat satu air terjun baru yang baru saja dikembangkan selama dua bulanan.

Ya Coban Tarzan, atau Air Terjun Tarzan menjadi salah satu air terjun baru, yang satu pintu masuk dengan Coban Jahe 3 yang terletak di Desa Pandansari Lor, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, air terjun ini menawarkan sensasi berpetualangan.

Petugas Wisata Coban Tarzan, Sri Hartatik mengungkapkan nama Coban Tarzan diambil dari nama seseorang yang pernah singgah dan akhirnya meninggal di area sekitar coban.

"Dinamakan Coban Tarzan karena dulu ada orang yang tinggal di sekitar situ namanya Pak Tarzan. Hingga akhirnya meninggal dunia di sana," ujar perempuan yang dipanggil Sri ini kepada Okezone.

Terletak cukup masuk di belantara hutan dan perkebunan membuat Anda harus melakukan tracking berjalan kaki dengan menempuh jarak 2 kilometer. Pemandangan perkebunan dan hutan dengan jurang di kiri kanan menjadikan objeknya.

Nah, bila anda mengunjungi coban Tarzan pastikan menggunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin supaya tidak terpeleset saat mengarungi medan ekstrem ke Coban Tarzan.

Belum lagi bila hujan turun, akses jalan yang belum bagus karena masih pengembangan bisa jadi akan semakin sulit. "Memang masih dibangun karena pembangunannya juga oleh sukarelawan Coban Jahe. Ya nunggu sesempatnya mereka," ungkap Sri kembali.

Alhasil sensasi berpetualang ala Coban Tarzan dipadukan dengan pemandangan alam di sekitar Coban Tarzan, menjadi sensasi ekstrem yang luar biasa.

(Baca Juga: Bocah Ini Bakar Terong hingga Gosong, Hasil Akhirnya Bikin Netizen Berdecak Kagum)

Salah seorang pengunjung, Okta Nugraha mengakui kealamian, keindahan, dan kesegaran sekitar Coban Tarzan ini. "Memang aksesnya masih alami karena baru dikelola pembangunannya. Tapi tracking jalan kaki ke lokasi akhirnya terbayar," jelas Okta.

Ia menambahkan udara yang segar bercampur dengan air dari sumber coban Tarzan yang dingin mampu menghilangkan kepenatan dan lelah perjalanan menuju lokasi.

"Hanya memang masih minim petunjuk arah dan rawan longsor karena tanahnya labil dengan jurang di kiri kanan," tutur Adib Muhibbin, seorang pengunjung lainnya.

Selain pemandangan alam menuju lokasi, anda dapat melihat penangkaran rusa tutul 400 meter dari bibir air terjun dan terletak di lereng bukit.

Ingin menikmati sensasi berpetulang sambil merasakan kesegaran alam Coban Tarzan? Anda tak perlu merogoh kocek mahal, cukup dengan tiket masuk Rp 10 ribu per orang anda dan biaya parkir kendaraan roda dua Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000, anda sudah bisa menikmati sensasi dua coban, yakni Coban Jahe 3 dan Coban Tarzan.

"Di sini ada dua coban memang mas. Masih satu kompleks hanya Coban Tarzan yang baru dikembangkan," tambah Sri Hartatik kembali.

Bila Anda ingin berkunjung ke Coban Tarzan, wisata Coban Tarzan ini buka setiap hari mulai dari jam 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

(Baca Juga: Viral Papa Ganteng Mengasuh Bayi Kembar, Lebih Gemas Ayah atau Bayinya?)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini