Menikmati Pemandangan Eksotis di Curug Pamutuh Tasikmalaya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 10 September 2018 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 10 406 1948651 menikmati-pemandangan-eksotis-di-curug-pamutuh-tasikmalaya-2Rsulf2Z9Z.jpg Curug Pamutuh (Foto: mochamadsiddiq/Instagram)

"TAK perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk berlibur,". ungkapan ini memang ada benarnya jika bercermin pada kekayaan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia.

Ya, meski preferensi setiap wisatawan berbeda-beda, destinasi wisata di dalam negeri pun tidak kalah dengan destinasi-destinasi wisata mancanegara. Terutama bagi wisatawan yang hobi mengeksplorasi keindahan alam.

Selain Raja Ampat, Derawan, Bali, dan Labuan Bajo, Tasikmalaya ternyata memiliki kekayaan alam yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah Curug Pamutuh di Dusun Gegerhanjuang, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Berbeda dengan curug atau air terjun pada umumnya, keistimewaan Curug Pamutuh terletak pada aliran air yang berada di samping dinding tebing, dan langsung jatuh ke bagian Leuwi (kolamnya).

(Foto: mulyadhenie/Instagram)

 (Baca Juga:Miris! Asian Games 2018 Usai, Atlet Peraih Medali Kembali Jualan Es Teh)

Aliran airnya pun tidak terlalu deras sehingga wisatawan dapat menikmati pemandangan eksotis dan menyejukkan mata. Tidak hanya itu, Curug Pamutuh juga memiliki kolam yang cukup lebar yang dinamakan Leuwi Hejo.

Nama itu terinspirasi dari warna air yang berada di kolam tersebut. Dalam bahasa Sunda, 'Hejo' berarti hijau. Jadi bisa dibayangkan seperti apa sensasi berenang di tengah pemandangan yang begitu memesona. Pastinya sangat menyegarkan.

 (Baca Juga:Makna dan Keutamaan dari Bulan Muharram dalam Kalender Hijriah)

Kendati demikian, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan wisatawan, khususnya bagi mereka yang tidak bisa berenang. Sangat disarankan untuk membawa pelampung atau floaties, mengingat kedalaman Leuwi Hejo yang cukup dalam.

Bagaimana cara menuju Curug Pamutuh? Tidak perlu khawatir, lokasi curug ini ternyata lumayan dekat dari pusat kota Tasikmalaya. Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk sampai di kawasan lereng Dingding Ari Gunung Galunggung.

Uniknya, Curug Pamutuh termasuk salah satu destinasi yang terbilang baru. Jadi tunggu apalagi? Sebelum ramai dipenuhi wisatawan, yuk atur jadwal liburan ke Tasikmalaya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini