Share

Terpukau dengan Pertunjukan Seni Opera Beijing Dibawa ke Indonesia

Dinno Baskoro, Jurnalis · Senin 17 September 2018 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 17 406 1951715 terpukau-dengan-pertunjukan-seni-opera-beijing-dibawa-ke-indonesia-wovSYz9wTn.jpg Opera Beijing (Foto: Instagram)

ALUNAN musik khas Tiongkok mendayu indah saat membuka pertunjukan opera Beijing. Penyanyinya cantik bak boneka memamerkan suaranya yang indah dan melengking.

Chu Lan Lan pemeran utama pertunjukan seni tradisional yang dipertahankan di Beijing. Dia datang ke Indonesia membawa pertunjukan seni budaya yang indah dan menarik ditonton.

Keterampilan gesturnya, suaranya yang indah, hingga riasan wajah tak biasa dari Chu Lan Lan sangat memukau para penonton. Tangan, mata dan lekuk tubuhnya bergerak sangat kompak dan menciptakan gerakan yang indah sekali.

Opera Beijing bukanlah pertunjukan biasa. Dari segi cerita dan tata panggung sudah disesuaikan oleh zaman. Apalagi saat tampil di Indonesia, ceritanya pun jadi perpaduan yang menarik. 

BACA JUGA:

3 Menu Diet Wajib Dikonsumsi Mantan Perokok agar Panjang Umur

Panggung opera sangat berkilau dengan tata lampu LED yang cantik. Para pemeran pun kompak dan menyesuaikan dengan suasana panggung.

Debut opera khas Negeri Tiongkok itu sudah sekira 220 tahun. Sejak abad ke-18 diperkenalkan oleh Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing atau Dinasti Manchuria yang berkuasa. Namun hingga kini, keaslian pertunjukan seni budaya tersebut tetap dijaga. 

Tak sekedar mengandalkan perpaduan seni tari dan musik, pemerannya pun lihai membumbuinya dengan akrobat dan bela diri. Kemudian semua dikemas dalam sebuah cerita drama yang apik.

Instrumen musik khasnya benar-benar indah. Serasa penonton Avenue of The Stars Lippo Mal Kemang berada di Beijing malam itu. Semua orang yang mendekati area panggung benar-benar terhibur. 

Semuanya tampil kompak, apalagi pertunjukan ini unik karena pertama dibawa ke Tanah Air. Opera Beijing sengaja ada demi terwujudnya pertukaran budaya Indonesia-Tiongkok yang sama-sama indah.

"Kami secara khusus menyiapkan penampilan yang spesial sebuah lagu dari Indonesia berjudul Sing-Sing So. Kemudian dikolaborasikan dengan pertunjukan Beijing Opera, yang menghasilkan sebuah karya indah perpaduan budaya Indonesia dan Tiongkok," ujar Lan Lan lewat keterangan yang diterima Okezone.

Lan Lan juga senang sekali memperkenalkan Opera Beijing ke Indonesia. Dia bahkan memuji antusiasme pengunjung yang hadir.

"Saya senang sekali bisa berada di Jakarta mengenalkan pertunjukan indah ini. Di sini orang-orang friendly," tambahnya. 

Banyak orang larut dalam cerita opera tersebut yang merepresentasikan keteguhan hati dan ketulusan Meikarta membangun Indonesia. Termasuk Pendiri Lippo Group Moctar Riady pun sangat terpukau, dengan perpaduan dua budaya beda negara ini, yang dikemas lewat seni pertunjukan. Dia bangga bisa menyaksikan langsung opera Beijing yang unik.  

"Saya kagum karena bisa menyaksikan pertunjukan opera dari Tiongkok. Suatu bangsa jika ingin berdiri dengan baik, tidak lepas dari pertunjukan seni budaya yang indah," ungkap Mochtar. 

Menurut dia, sesungguhnya penampilan ini satu keharmonisan dua suku besar yang harus dijaga dengan baik. Apalagi Indonesia yang punya banyak suku beragam, lalu bisa dicontoh negara lain.

BACA JUGA:

Ngaku Punya Kekuatan Super, Perempuan Ini Bisa Angkat Benda-Benda dengan Vaginanya

"Pertunjukan opera ini bukan melibatkan satu suku saja. Lewat panggung ini diharapkan ada contoh keharmonisan yang baik dan begitu hebat," pungkas dia. 

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini