Perjalanan Jauh ke Luar Negeri, Ini Kursi Pesawat yang Paling Banyak Dicari

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 18 Oktober 2018 16:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 18 406 1965797 perjalanan-jauh-ke-luar-negeri-ini-kursi-pesawat-yang-paling-banyak-dicari-qiRNMFGTFd.jpg Kursi kelas bisnis (Foto: Australian Business Traveller)

PESAWAT terbang adalah salah satu moda transportasi umum yang sering dipilih oleh masyarakat untuk bepergian ke suatu tempat. Entah itu ke dalam negeri maupun luar negeri. Kursi penumpang di pesawat terbagi menjadi 3 kategori yaitu first class, business class, dan economy class.

Pada saat bepergian ke dalam negeri, kebanyakan orang mungkin akan memesan kursi di kelas ekonomi yang harganya terjangkau. Tapi untuk bepergian ke luar negeri yang biasanya memakan waktu berjam-jam, sejumlah orang lebih memilih memesan kursi di kelas bisnis. Alasannya apalagi jika bukan untuk mendapatkan kenyamanan.

 (Baca Juga:Paling Subur Sedunia, Wanita Berusia 40 Tahun Ini Lahirkan 44 Anak)

Hal ini diakui oleh Manager of Sales & Marketing All Nippon Airways (ANA) Jakarta, Raymond Chia. "Customer sekarang lebih mengutamakan kenyamanan jadi mereka memilih business class karena tahu fasilitas yang didapatkan buat nyaman. Service yang didapatkan (di business class) lebih cepat sedangkan di economy class harus nunggu. Selain itu kursinya juga lebih besar," ungkapnya saat ditemui Okezone dalam sebuah acara, Kamis (18/10/2018) di Jakarta.

ANA adalah maskapai yang melayani penerbangan untuk rute Asia dan Amerika Utara. Untuk kategori business class, maskapai ini menawarkan dua jenis kursi penumpang yaitu staggered seat dan cradle seat. Kedua kursi ini memungkinkan penumpang untuk merasa nyaman selama penerbangan.

 

"Pesawat kami ada yang menggunakan seri terbaru yaitu Boeing 787 Dreamliner. Pesawat ini diciptakan untuk meredam kebisingan dan mengurangi jet lag," ujar Richard.

Untuk jenis staggered seat, kursi diatur dalam skema 1-2-1. Dengan begitu setiap penumpang memiliki akses ke lorong kabin. Kursi ini dapat dibaringkan hingga 180° atau full-flat bed sehingga penumpang bisa beristirahat layaknya di tempat tidur.

Kemudian ada pula lampu samping yang lebar, meja utama untuk menyantap makanan maupun aktivitas lain seperti bekerja atau menulis, dan tambahan ruang penyimpanan. Selain itu, kursi ini dilengkapi dengan monitor layar sentuh 18 inchi dan tombol 'Do not disturb'. Kursi ini berada di pesawat dengan nomor penerbangan NH 586 untuk rute Jakarta-Haneda serta dari Jepang untuk tujuan 11 kota di Amerika dan 6 kota di Eropa.

Sementara itu, untuk jenis cradle seat, penumpang bisa merasakannya pada nomor penerbangan NH 836 yang melayani rute Jakarta-Narita dan NH 872 yang melayani rute Jakarta Haneda. Kursi ini memungkinkan penumpang untuk sandaran seluruh badan dan dibaringkan hingga 160°. Ada pula lampu pribadi yang bisa disesuaikan arahnya, meja utama yang lebar, pijakan kaki yang bisa diatur dengan 4 cara, serta colokan daya dan USB port.

 (Baca Juga:Niat Minta Tolong, Foto Wanita Ini Malah Jadi Korban Keisengan Netizen)

"Penumpang juga bisa menikmati hidangan di pesawat dan bagasi secara cuma-cuma. Kami juga menyediakan bantal, selimut, headset, piyama, sandal, dan lainnya yang dibutuhkan penumpang. Semoga semua penumpang merasa nyaman melakukan penerbangan ke Jepang atau Amerika Utara," pungkas Richard.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini