5 Hal yang Harus Anda Ketahui jika Ingin Liburan Bersama Bayi

Lifia Mawaddah Putri, Jurnalis · Senin 29 Oktober 2018 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 10 29 406 1970408 5-hal-yang-harus-anda-ketahui-jika-ingin-liburan-bersama-bayi-R7hMqyCtq0.jpg Ilustrasi (Foto: Walkingontravels)

SEBENTAR lagi akhir tahun akan tiba. Sudahkah Anda menentukan destinasi yang akan dikunjungi bersama keluarga untuk melewati malam pergantian tahun? Atau, Anda terlalu khawatir untuk berpergian karena memiliki bayi yang baru lahir?

Bagi Anda yang baru merasakan menjadi orang tua mungkin memiliki sedikit kekhawatiran dan gugup untuk membawa sang bayi pergi. Apalagi jika destinasi yang Anda tuju cukup jauh.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Berikut 5 tips apabila Anda ingin pergi berlibur dengan membawa bayi, yang telah dilansir Okezone dari Ourglobetrotters, Senin (29/10/2018).

1. Bayi di atas umur 7 hari boleh terbang

Apakah Anda berpikir, amankah untuk terbang dengan bayi yang baru lahir? Jawabannya adalah ya, Anda dapat membawa bayi Anda yang baru lahir. Justru semakin muda usia bayi tersebut semakin baik. Namun, sebelum melakukan perjalanan, Anda perlu memeriksa terlebih dahulu tentang aturan maskapai yang akan digunakan. Sebagian besar maskapai menolak untuk menerbangkan bayi yang berusia kurang dari 7 hari. Kecuali Anda memiliki surat dokter dan apabila perjalanan tersebut benar-benar penting.

2. Pesan kursi terbaik

Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh, pilihlah kursi yang menyediakan keranjang untuk bayi Anda tidur, sehingga Anda tidak lelah untuk selalu menggendongnya. Anda harus menghubungi maskapai penerbangan yang akan Anda gunakan terlebih dahulu untuk memesan kursi ini.

pesan kursi terbaik

Baca Juga: Penampilan Pedangdut Meldi yang Milenial, Style Keponakan Dewi Perssik Ini Bisa Kamu Tiru!

3. Vaksin

Sebelum melakukan perjalanan, penting bagi Anda untuk memperhatikan kesehatan bayi. Vaksin sangat penting bagi bayi Anda agar tehindar dari berbagai virus dan juga penyakit. Namun, untuk melakukan vaksin ini, Anda harus menunggu bayi berusia 3 bulan.

4. Perhatikan daftar bawaan

Apabila berpergian dengan bayi, tentu Anda akan lebih terfokus pada bayi karena harus menyiapkan berbagai keperluannya seperti popok, tissue, botol, dan lain sebagainya. Namun, jangan sampai Anda juga melupakan tentang diri sendiri. Apabila Anda menyusui, pilihlah pakaian yang memudahkan untuk menyusui. Perhatikan juga daftar barang yang akan dibawa. Jangan sampai karena terlalu fokus dengan perlengkapan bayi, hal penting lainnya malah tertinggal.

Baca Juga: 4 Hal yang Harus Dilakukan Penumpang saat Pesawat Mendarat Darurat di Perairan

5. ASI baik untuk bayi saat lepas landas

Diantara banyaknya manfaat kesehatan yang luar biasa yang didapat bayi jika meminum ASI, manfaat penting lainnya adalah dengan mengisap ASI, hal ini akan membantu sang bayi untuk menyamakan tekanan di telinganya saat pesawat lepas landas dan juga saat turun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini