Tahukah Anda, Ini 8 Jenis Anggrek di Dunia, Nomor 7 Umum di Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 02 November 2018 18:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 02 406 1972551 tahukah-anda-ini-8-jenis-anggrek-di-dunia-nomor-7-umum-di-indonesia-kr0NvezvqA.jpg Bunga anggrek di dunia (Foto:Ist)


SETIAP manusia pasti memiliki hobi yang berbeda satu sama lainnya. Ada orang yang gemar memelihara hewan peliharaan, namun ada juga orang yang gemar memelihara beraneka tanaman hias yang cantik dan menarik.

Tentunya dengan memelihara sebuah makhluk hidup yang indah, hal tersebut dapat menenangkan hati dan pikiran seseorang. Selain itu akan ada rasa bangga dan puas dengan tanaman cantik yang berhasil Anda tanam.

Nah, jika Anda bingung untuk mencari tanaman apa yang pas, maka anggrek bisa menjadi jawaban yang tepat. Selain bentuknya beragam, anggrek juga memiliki aneka warna yang membuatnya semakin kontras dibandingkan dengan tanaman lainnya.

Meski demikian banyak dari kalian yang bingung anggrek apa yang paling pas untuk ditanam. Melansir dari Odd Stuff Magazine, Jumat (2/11/2018), Okezone akan membahas mengenai delapan anggrek tercantik di dunia.

(Baca Juga: 5 Pesona Patricia Yora, Pilot Muda yang Aduhai)

(Baca Juga: Celana Dalam Hitam Terpampang! Meghan Markle Kenakan Rok Tembus Pandang)

1.Bulbophyllum

Bulbophyllum adalah genus terbesar dalam famili orchid Orchidaceae dengan lebih dari 2.000 spesies. Bulbophyllum juga merupakan salah satu tanaman berbunga terbesar. Spesies yang luar biasa dan aneh yang membentuk genus besar ini telah menjadi fokus kolektor anggrek selama lebih dari satu abad.

Tanaman ini membutuhkan kelembaban tinggi dikombinasikan dengan gerakan udara yang baik dan kebanyakan dari mereka memiliki kebiasaan untuk mekar dan akan terus berbunga sepanjang tahun. Mereka cenderung lebih menyukai tingkat cahaya sedang.

 

2.Zygopetalum

Zygopetalum adalah genus dari keluarga anggrek yang terdiri dari empat belas spesies. Nama generik anggrek ini, berasal dari kata Yunani "zygon", yang berarti "kelopak bunga terung." Ini mengacu pada pertumbuhannya seperti yoke di dasar bibir yang disebabkan oleh peleburan kelopak dan sepal. Mereka hidup di hutan lembab di daerah dataran rendah hingga menengah Amerika Selatan, dengan sebagian besar spesies berada di Brasil.

 Zygopetalum

Sebagian besar tanaman ini adalah epiphytes, tetapi beberapa diantaranya adalah terrestrials dengan daun mengkilap, tali-seperti, plicate, yang apikal, lonjong atau elips-lanset, atau acuminate. Anggrek ini memiliki pertumbuhan yang kuat dan berbentuk bulat telur.

 

3.Miltonia

Miltonia, biasanya disingkat Milt. Dalam dunia holtikultura tanaman ini adalah genus anggrek yang dibentuk oleh sembilan spesies epifit dan delapan hibrida alami penghuni Hutan Atlantik Brasil. Hanya ada satu spesies yang mencapai timur laut Argentina dan timur Paraguay. Genus ini ditemukan oleh John Lindley pada tahun 1837, ketika ia menggambarkan spesies sejenis yakni, Miltonia spectabilis.

 

Banyak spesies yang dikaitkan dengan Miltonia di masa lalu, namun, spesies dari Amerika Tengah dan dari daerah dingin di barat laut Amerika Selatan telah dipindahkan. Spesies Miltonia memiliki bunga yang besar dan panjang. Spesies ini mudah tumbuh dan diidentifikasi, membuat mereka menjadi favorit kolektor anggrek di seluruh dunia. Spesies genus ini banyak digunakan untuk menghasilkan hibrida buatan.

4.Oncidium

Oncidium adalah genus yang kompleks dan sulit, dengan banyak spesies yang direklasifikasi. Beberapa sebutan memang dibuat untuk membagi genus ini menjadi beberapa genera. Genus ini pertama kali dijelaskan oleh Olof Swartz pada 1800 dengan anggrek Oncidium altissimum, yang telah menjadi jenis spesiesnya.

 

Namanya berasal dari kata Yunani "onkos", yang berarti "pembengkakan". Ini mengacu pada kalus di bibir bawah yang ada pada tanaman ini. Sebagian besar spesies Oncidium adalah epiphytes, lithophytes atau terrestrials. Mereka tersebar luas dari Meksiko utara, Karibia, dan beberapa bagian dari Florida Selatan ke Amerika Selatan.

5.Stanhopea

 

Stanhopea adalah genus dari keluarga anggrek dari Amerika Tengah dan Selatan. Anggrek ini dapat ditemukan di hutan basah dari Meksiko ke NW Argentina. Bunga ini sangat kompleks dan biasanya mengeluarkan aroma harum meskipun berumur pendek.

6.Brassia

Brassia adalah genus anggrek yang tergolong dalam subtipe Oncidiinae. Genus ini dinamai oleh William Brass, yang merupakan seorang ahli botani dan ilustrator Inggris, yang mengumpulkan tanaman di Afrika di bawah pengawasan Sir Joseph Banks.

 

Spesies Brassia dan hibrida yang populer dan sangat umum dalam budidaya. Bebedapa tanaman ini bisa memiliki panjang lebih daro 50 cm, alhasil mereka sering disebut spider orchid.

7.Phalaenopsis

 

Genus anggrek ini terdiri dari sekitar 60 spesies. Phalaenopsis adalah salah satu anggrek yang paling populer dalam perdagangan, melalui pengembangan banyak hibrida buatan. Dalam beberapa spesies bunga-bunga ini menyerupai ngengat dalam yang sedang terbang. Oleh karena itu spesies ini kadang-kadang disebut anggrek Moth.

8.Laelia

 

Laelia adalah genus kecil yang terdiri dari 25 spesies dari famili anggrek. Ini adalah salah satu genus anggrek yang paling penting dan populer, karena bunga-bunganya sangat indah, sifat genetik mereka dan karena mereka cukup mudah untuk dibudidayakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini