Hary Tanoesoedibjo Bagikan Kunci Sukses Bisnis Online Travel Mister Aladin

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 12 November 2018 15:14 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 12 406 1976652 hary-tanoesoedibjo-bagikan-kunci-sukses-bisnis-online-travel-mister-aladin-n2BpuWjBVM.jpg HUT ke 3 Mister Aladin (Foto: Annisa Aprilia/Okezone)

HARY Tanoesoedibjo, Chairman MNC Group menghadiri perayaan Hari Ulang Tahun ke-3 travel online Mister Aladin hari ini. Tidak hanya mengucapkan selamat pada penyedia jasa online travel grup MNC tersebut, Hary pun membagikan rahasia sukses bisnis online travel milik grup perusahaannya.

"Mister Aladin adalah must have, komitmen dari grup sangat luar biasa, yang memfasilitasi Mister Aladin tumbuh secepatnya dan sebesar besarnya. Pada pasar bebas penguasaan pangsa pasar menjadi sangat penting, Mister Aladin harus berjuang pangsa pasar harus sebesar-besarnya meski di tengah persaingan yg sgt ketat," ujar Hary Tanoesoedibjo, dalam acara Ulang Tahun Mister Aladin ke-3, Gedung Inews, lantai 3, Senin (12/11/2018).

Hary pun mengingatkan pada segenap karyawan dan direksi Mister Aladin untuk tetap jadi yang terbaik meski persaingan sangat ketat di bisnis online travel Indonesia. Persaingan pasar bebas menurut Hary akan ada peraturan, peran digital pun dianggapnya makin pesat, mengganti bentuk bisnis travel konvensional menjadi online.

 BACA JUGA:

HUT ke-3 Mister Aladin, Fitur Makin Lengkap hingga Paket Liburan Murah!

"Kedepannya itu pasar bebas pasti diatur nanti, meski diatur persaingan akan luar biasa, peran digital pun makin pesat, jadi merupakan pengganti dari konvensional bisnis travel yang tadinya konvensional digantikan dengan online. Orang jadi bisa akses dimana saja," imbuh Hary.

Untuk kemajuan Mister Aladin sendiri, dia akan mengawal langsung agar mencapai tujuan, karena menurut Hary sukses tidak diukur dari lama mengerjakan, tapi kualitas, yang artinya macam- macam, seperti kecepatan kerja. Secara singkat dia ingin Mister Aladin terus memperbaiki sistem yang dimiliki.

 

"Seperti ke toko kalau ke departemen store kita ingin yang nyaman, gampang diakses, nyari barang nyaman, sistem pun mirip fisical store. Harus reliable, jangan sampai down, cepat, pokoknya bagaimana sitem kita superior tidak kalah dengan yang lain. Saya akan support all the way sistem termasuk sumber daya manusia," paparnya.

Lebih lanjut, kedua kunci sukses menurut Hary adalah produk, harga, dan fitur. Maka, Mister Aladin pun menyediakan tiket kereta dan pesawat. Selain itu, Hary juga ingin Mister Aladin bisa menyediakan semua kebutuhan traveler dalam satu wadah.

"Ketiga kita kembangkan ke event, jadi orang masuk ke situ semua kebutuhannya sudah terpenuhi, meski persaingan ketat bukan berarti kita enggak bisa kejar. Lalu, price karena online travel itu biasanya basic needs, karena basic, price sangat sensitif," jelasnya.

Kunci sukses lainnya menurut Hary ada pada komunikasi pemasaran. Saat ini berdasar keterangan Hary, cara pemasaran ada dalam berbagai bentuk, bisa lewat televisi, radio, online, billboard, baliho ataupun gerbong-gerbong kereta yang tujuannya untuk menciptakan pengetahuan masyarakat

 BACA JUGA:

Memakai Pakaian dan Mencium Aroma Pasangan Bisa Membuat Bahagia, Kok Bisa?

"Supaya ada awarness saya katakan ini untuk sukses kita tidak bisa konvensional. Marketing communication harus maksimal, kita bagian dari media grup jangan underestimate semua potensi harus dimanfaatkan," tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini