Berniat Travel Naik Kereta Ekonomi? Intip Tips Ini Supaya Perjalanan Terasa Nyaman

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 22 November 2018 14:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 22 406 1981213 berniat-travel-naik-kereta-ekonomi-intip-tips-ini-supaya-perjalanan-terasa-nyaman-o19MWBkZ8E.jpg Naik kereta ekonomi (Foto: Pixabay)

BANYAK yang ogah naik kereta ekonomi dengan rute panjang. Alasannya jelas, sampai di tempat tujuan badan rasanya "remuk" semua.

Hal semacam ini bukan lagi rahasia umum. Terlebih jika Anda tidak bisa menggunakan jasa transportasi ini. Tidak hanya terasa lebih pegal, tapi juga rasa kantuk yang teramat dan waktu yang terbuang lama.

Baca juga: Cara Terbaik untuk Menghemat Uang

Meski begitu, masih banyak dari Anda yang tetap ingin menggunakan kereta ekonomi. Ya, karena murah dan sensasi perjalanan panjangnya lebih terasa. Nah, untuk menyiasati "dampak buruk" dari kereta ekonomi, netizen ini punya tips sederhana untuk membuat Anda jauh lebih nyaman naik kereta ekonomi. Dikutip Okezone dari media sosial @Widino, berikut tips sederhananya.

"First thing first, perlu diketahui kalau gerbong kelas ekonomi premium duduknya setengah berlawanan arah, ada yang mengikuti arah, ada yang melawan arah kereta. Nah, yang terakhir itu yang bikin gua puyeng," tulisnya.

Widino memberitahu, jika Anda dari arah Jakarta (Gambir), usahakan untuk pilih kursi dengan nomor 19 (paling ujung) sampai nomor 12 (tengah). Kursi dengan nomor ini duduknya hadap depan searah kereta jalan.

"Nah, sebaliknya, kursi dengan nomor 1-11 duduknya ngebelakangin kereta jalan. Buat mereka yang nggak biasa, bikin puyeng," ungkapnya.

Perlu diketahui, kursi dengan nomor 11 dan 12 itu duduknya depan-depanan. Kondisi ini menurut Widino cocok kalau Anda traveling bareng teman-teman berempat atau berdelapan. "Ngobrolnya enak depan-depanan. Nggak perlu tengok belakang. Bisa main karambol sekalian," tambahnya.

Hal terakhir yang mesti diperhatikan adalah kalau Anda berangkatnya dari Bandung, Cirebon, Tegal, atau kota mana pun yang tujuannya Jakarta, pilih kursi dengan nomor 1 (paling ujung) sampe 11 (tengah). Nomor kursi 1-11 duduknya hadap depan searah kereta jalan. Sisanya belakangin kereta jalan. "Selamat mencoba, gaesss," ujar Widino. Semoga bermanfaat!

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini