Pahami Arti Pangkat Bar di Pundak Pilot

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 26 November 2018 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 26 406 1983085 pahami-arti-pangkat-bar-di-pundak-pilot-W9K4y4Oxow.png Tanda bar di pundak pilot (Foto:Ist)

SOBAT travellers yang sering bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri menggunakan pesawat terbang, tentu sudah tidak asing lagi dengan tanda pangkat yang ada di pundak setiap pilot. Ya, pangkat ini memang terlihat sangat mencolok dan menunjukkan tingkatan pekerjaan seorang pilot.

Namun, banyak masyarakat yang belum mengetahui apa sebenarnya arti dari setiap bar yang dimiliki oleh pilot. Tak sedikit orang berasumsi bahwa semakin sedikit bar yang dimiliki seorang pilot, maka akan menunjukkan tingkat kompetensinya.

Salah satu contoh kalimat yang paling sering terdengar adalah “Pesawat ini landingnya kasar banget. Maklum lah pilotnya masih bar satu.” Nah, untuk menjawab pernyataan tersebut Kapten Pilot Batik Air, Vincent Raditya, mencoba untuk menjelaskan kepada masyarakat awam perihal masalah tersebut.

Kapten Vincent menjelaskan bahwa bar adalah seragam sebuah perusahaan. Jadi perusahaan memiliki ketentuan bahwa orang-orang yang akan bekerja di sana harus menggunakan seragam. Menu rutnya, perusahaan juga yang akan menentukan apa jobdesk dari setiap bar yang dikenakan di pundak pilot.

Tata Cara Menyambut Bayi yang Baru Lahir dalam Islam

Kapten Vincent pun menjelaskan kebijakan pemberian bar kepada setiap penerbang juga memiliki aturan yang berbeda di setiap airline. Untuk lebih mudahnya, kapten sekaligus pebisnis yang memiliki Flight Deck Indonesia ini mencontohkan pangkat bar yang berlaku di tempat kerjanya.

“Tentunya airline memiliki beda-beda porsinya antara setiap bar. Ambil contoh di tempat saya bekerja, untuk bar satu akan digunakan oleh co-pilot dengan jam terbang mulai dari 0-500 jam. Nah, di atas 500 jam, maka mereka akan menggunakan bar dua. Sementara di atas 2500 jam mereka akan menggunakan bar tiga. Baru setelah mereka upgrading mereka menggunakan bar empat,” tutur Kapten Vincent melalui video yang diunggahnya ke akun Youtube.

Pada saat bersamaan Kapten Vincent juga menekankan agar setiap masyarakat atau penumpang tidak menyamakan artis setiap bar dari maskapai penerbangan. Tentunya di setiap maskapai akan memiliki aturan yang berbeda, dan tidak bisa dipukul rata.

 Cantiknya Penampilan Oksana Voevodina, Ratu Kecantikan Rusia yang Dipinang Raja Malaysia

“Kalau maskapai luar negeri, tentunya ada juga yang menggunakan bar satu sebagai pramugaranya, ada pula yang mengenakan bar dua sebagai second officer, tapi ada pula yang co-pilot menggunakan bar satu. Semua bar tergantung dengan apa yang diberikan perusahaan tentang apa arti tanda pangkat tersebut. ada juga pilot yang memiliki tanda bintang di pangkat mereka. Bintang ini mungkin mereka Company Check Pilot (CCP), ada pula yang terdapat bunganya. Lain negara dan lain perusahaan memiliki policy dan seragam yang berbeda,” sambungnya.

Pada akhir video, Kapten Vincent juga menjelaskan salah satu tujuan utama setiap perusahaan memberikan pangkat pada bar yang digunakan pada pundak seorang pilot.

“Tujuannya adalah satu, mereka akan diberikan range sesuai dengan urutannya. Tentu ini akan memudahkan bagi orang yang hendak terbang. Intinya airline di seluruh dunia akan menentukan apa arti dari setiap bar untuk semua pilot yang bekerja untuk mereka,” tuntasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini