Fenomena Langka nan Cantik, Air di Rawa Ini Berwarna Pelangi

Noor Chotijah , Jurnalis · Jum'at 30 November 2018 22:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 30 406 1985269 fenomena-langka-nan-cantik-air-di-rawa-ini-berwarna-pelangi-j3nzruE5we.jpg Rawa ini punya warna pelangi (Foto:Shared)


 JIKA mendengar rawa, gambaran yang terlintas pada benak kita adalah lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis. Wah apalagi kondisi rawa yang ada di Indonesia, sudah banyak tercemar karena lingkungan pada sekitarnya.

Saat ini warganet telah dikejutkan adanya rawa dengan genangan air yang tidak biasa, yaitu memiliki warna seperti pelangi. Seperti yang dilansir dari Shared, Jumat (30/11/2018), ada rawa yang telah memperlihatkan keindahan sangat alami.

Fenomena unik di mana air dalam rawa berubah menjadi berwarna-warni yang indah, telah terjadi di Amerika Serikat. Awalnya saat seorang pria bernama Brent Rossen sedang melakukan perjalanan dengan sang kekasih Allison Goz dan menemukan genangan rawa yang tidak seperti biasa.

 Rainbow swamp

Tepatnya pada taman nasional di Virginia, Amerika Serikat, mereka langsung mengabadikan momen tersebut dengan mengambil angle foto yang menarik. Terbukti dalam sehari setelah foto itu tersebar melalui akun Instagramnya, lebih dari 120.000 tanda like diperolehnya.

"Pekan lalu saya dan kekasih saya berjalan-jalan ke hutan, lalu untuk pertama kalinya saya melihat sebuah kolam yang permukaan airnya memancarkan warna pelangi," tulisnya dalam unggahannya.

Para fotografer, dan pecinta alam yang telah jatuh cinta dengan tampilan rawa pelangi ini benar-benar langsung mengunjungi hutan tersebut. Hutan ini pun langsung dipenuhi dengan para pengunjung yang ingin memanfaatkan keindahan pelangi, sebelum menghilang.

 Rainbow swamp

Meskipun terlihat ajaib, "kolam pelangi" yang diunggah Goz benar-benar alami, menurut Jeff Ripple, seorang pemandu tur dan yang pernah memimpin perjalanan pada "rawa berjalan" di Florida. Sebenarnya kondisi ini terjadi pada waktu tertentu saja karena Ripple mengatakan hal itu tidak biasa terlihat dengan efek pelangi yang menyebar luas di area rawa tersebut.

Beberapa pengamat rawa mengatakan bahwa kondisi ini biasanya akan terlihat baik dengan keadaan rawa-rawa pastel sekitar bulan Februari, ketika cuaca sedang ringan dan kondisi tanah vegetasi di bawah rawa sedang bekerja.

Beberapa foto lain dari fenomena rawa pelangi dapat dilihat dengan menggunakan tagar #rainbowswamp di Instagram.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini