5 Tempat Wisata yang Jadi Tempat Syuting Film, Serasa Jadi Artis!

Blenda Azaria, Jurnalis · Minggu 09 Desember 2018 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 09 406 1988791 5-tempat-wisata-yang-jadi-tempat-syuting-film-serasa-jadi-artis-8kHxSu5p8Q.jpg Pulau Belitung. (Foto: Okezone/Arief)

KITA kerap kali kagum terhadap tempat-tempat yang ada di televisi. Mungkin beberapa merupakan rekayasa untuk keperluan syuting film. Tapi jangan salah, ada tempat-tempat yang benar-benar berada di dunia, bahkan beberapa ada di Indonesia.

Nah, ada beberapa tempat ikonik yang menjadi tempat syuting dan sangat indah untuk dikunjungi. Di mana saja? Berikut ulasannya seperti ditulis Okezone dari berbagai sumber.

Baca Juga: Deretan Pengacara Paling Kaya di Dunia, Sekelas Hotman Paris Hutapea

1. Pulau Belitung, Laskar Pelangi dan The Philosopher

Siapa sih yang tidak tahu film Laskar Pelangi? Film yang diadaptasi dari novel karya Andrea Hinata ini sempat berjaya pada tahun 2008. Selain di Indonesia, penggemar film ini pun tersebar luas di luar negeri, terbukti dengan banyaknya penghargaan internasional yang berhasil diraihnya.

Bahkan saking terkenalnya film ini, lokasi pengambilan gambar yang berada di pulau Belitung, provinsi Bangka Belitung ini sampai disebut sebagai ‘negeri laskar pelangi’. Banyak tempat yang bisa kamu kunjungi saat sedang berlibur ke tempat bertualang Ikal dan kawan-kawannya ini, seperti Pantai Tanjung Tinggi, SD Muhammadiyah Gantong, kota Tanjung Pandan, dan Museum Kata Andrea Hinata.

Selain Laskar Pelangi, The Philosopher, film bergenre psychological thriller juga menjadikan Belitung sebagai salah satu lokasi syutingnya.

2. Kawah Ijen dan Baluran 

(Foto: Travelingyuk)

Tak diragukan lagi, keindahan alam Kawah Ijen memang bisa membuat kagum siapa pun yang melihatnya. Selain Kawah Ijen, destinasi wisata di Banyuwangi lain yang juga kerap dijadikan lokasi syuting adalah Baluran.

Tak tanggung-tanggung, beberapa film yang pernah memakai latar belakang Kawah Ijen atau Baluran adalah King, Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh, Hijab Traveler, dan I Love You from 3.800 feet.

Baca Juga: Saat Tidak Ceramah, Begini 5 Gaya Nyentrik Habib Bahar bin Smith

3. Pulau Jeju

Semua pecinta drama Korea pasti tahu pulau terkenal yang sering dijadikan lokasi syuting ini. Ya, apalagi kalau bukan Pulau Jeju yang terletak di Korea Selatan. Bukan hanya drama Korea saja, acara variety show pun juga sering syuting di sini.

Beberapa drama dan film Korea yang pernah syuting di Pulau Jeju adalah Architecture 101, Champ, Love Wind Love Song, A Werewolf Boy, dan masih banyak lagi.

4. Inggris – Film series Harry Potter

Bagi kamu yang merasa seorang potterhead atau fans Harry Potter, mungkin Inggris merupakan negara impian yang ingin kamu kunjungi. Latar belakang film ini rata-rata mengambil lokasi di Inggris.

Misalnya saja, ruang makan Hogwarts yang muncul di setiap film Harry Potter ternyata berada di Universitas Oxford. Selain itu, ada juga tempat-tempat lain seperti kastil Alnwick, Katedral Durham, dan Katedral Gloucester.

5. Selandia Baru, The Lord of the Rings Series

Film trilogy ternama yang rilis pada 2000-an ini sebagian besar mengambil tempat di Selandia Baru. Mulai dari sungai, hutan, gunung, atau benteng, semuanya berlokasi di Negara Kiwi ini.

Beberapa tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Matamata, tempat rumah para hobbit berada, Wellington, kota Mackenzie, Gunung Doom, Kolam Gollum, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini