Melihat Museum Islam Nusantara di Tebuireng yang Diresmikan Presiden Jokowi

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 18 Desember 2018 20:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 12 18 406 1993100 melihat-museum-islam-nusantara-di-tebuireng-yang-diresmikan-presiden-jokowi-qnTBmzVVws.jpg Museum Islam Nusantara (Foto: fitrianni27/Instagram)

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Museum Islam Nusantara pada hari Selasa, (12/12/2018). Museum tersebut berlokasi di Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Letaknya tak jauh dari Pondok Pesantren Tebuireng masih berada di dalam kawasan makam K.H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Museum ini dikenal juga dengan nama Museum Islam Nusantara K.H. Hasyim Asy’ari. Sebelum diresmikan presiden, sudah banyak masyarakat yang sering berkunjung ke sana. Bagian depan museum sering dijadikan spot foto, terutama yang ada tulisan nama.

 

(Foto: fitrianni27/Instagram)

Dari luar, arsitektur museum itu memang tergolong unik. Bentuknya seperti piramida yang terpotong atau limas segi empat. Museum ini memiliki 5 lantai dan berada di area seluas 4,9 hektar.

 (Baca Juga:5 Tempat Wisata di Sumatra Utara yang Anti-Mainstream, Sudah Pernah Berkunjung?)

Merangkum berbagai sumber, Selasa (18/12/2018), museum ini mulai dibangun pada tahun 2011. Tujuan dibangunnya museum adalah menghormati jasa para ulama di Indonesia dan sebagai salah satu pusat informasi tentang perkembangan agama Islam. Maka tak heran museum menyimpan barang bersejarah dan peninggalan. Mulai dari awal masuk Islam hingga di zaman perjuangan dan era reformasi.

 

Untuk menggambarkan sejarah tersebut, di dalam museum terdapat panel, gambar, kalimat-kalimat, dan buku-buku tentang Islam. Semunya itu tersimpan di perpustakaan museum. Selain itu, sesuai dengan namanya, di dalam museum juga ada barang-barang peninggalan K.H. Hasyim Asy’Ari.

 (Baca Juga:Seaworld Ancol Hadirkan Spesies Ubur-Ubur Baru Menjelang Libur Akhir Tahun)

Pengunjung yang datang ke museum bukan hanya bisa mengunjungi tempat tersebut. Di sekitar kawasan museum masih ada tempat-tempat lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Monumen At Tauhid. Monumen ini berbentuk kubus dan memiliki air mancur. Di sekeliling air mancur terdapati 99 Asmaul Husna atau sifat-sifat Allah SWT. Di puncak monumen juga terdapat lafal Allah dalam tulisan Arab.

 

Tak hanya itu, di sekitar monumen dan museum terdapat taman yang cukup luas. Taman ini dipenuhi dengan tanaman hijau sehingga memberikan kesejukan bagi pengunjung yang ingin berteduh. Ada pula tempat permainan anak, musala, toilet, kios pedagang, serta lahan parker untuk menampung kendaraan dari pengunjung. Tertarik untuk datang ke sana?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini