Peringati Hari Bumi, Pameran Bertajuk 'Laut Kita' Digelar

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 23 April 2019 08:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 04 23 406 2046818 peringati-hari-bumi-pameran-bertajuk-laut-kita-digelar-msc4Kb80Fu.jpg Pameran Laut Kita (Foto: Dimas Andhika/Okezone)

Memperingati Hari Bumi yang setiap tahunnya jatuh pada 22 April, Sejauh Mata Memandang (SMM) meluncurkan koleksi musim kemarau 2019 bertema Laut Kita. Tidak hanya itu, dengan tema yang sama SMM juga menggelar pameran dan instalasi desain di Plaza Indonesia, Level 2 dari tanggal 22 April – 16 Juni 2019.

Pameran ini bekerja sama dengan Felix Tjahyadi selaku konseptor pameran dan Gerakan Indonesia Diet Kantong Plastik. Menghadirkan karya fotografi dan video dari beberapa kolaborator seperti Jay Subyakto, Davy Linggar, Jez O’Hare, Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, dan Tulus.

Pada pembukaan Pameran dan Instalasi Desain Laut Kita, Chitra Subyakto, Founder & Creative Director SMM menjelaskan bahwa inspirasi pameran yang ia usung terinspirasi dari keindahan bahari Indonesia.

 

“Indonesia itu negeri bahari yang indah, namun keindahan alam laut mulai terganggu. Koleksi dan kampanye laut kita berangkat dari kegelisahan saya akan permasalahan lingkungan di negeri ini. Terutama masalah sampah plastik sekali pakai yang bermuara di laut dan tidak dapat terurai selama puluhan bahkan ratusan tahun dan mengandung zat kimia,” tutur Chitra Subyakto, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Senin, 22 April 2019.

 Baca Juga: 5 Rahasia Orang-Orang yang Selalu Punya Rumah Bersih dan Rapi

Melalui kampanye Laut Kita, SMM mencoba untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai dan menjaga lingkungan.

 

Pameran ini menghadirkan 6 area instalasi desain di mana masing-masing area memiliki konsep, cerita, dan filosofi yang berbeda-beda dengan melibatkan beberapa kolaborator. Enam area instalasi tersebut antara lain:

 Baca Juga: Jangan Oles Vitamin Rambut di Kulit Kepala, Ini Dampak Buruknya

Area 1: Keindahan Alam Indonesia

Sejauh Mata Memandang dan Felix Tjahyadi menampilkan instalasi desain dari kumpulan foto-foto, video dokumentasi, dan narasi keindahan Indonesia karya dari kolaborator Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Jay Subyakto, dan Jez O’Hare.

 

Area 2: Polusi Plastik

Ruangan ini akan menampilkan fakta dan data dalam bentuk infografik yang atraktif dan instalasi tentang penggunaan jumlah plastik sekali pakai, dilengkapi dengan latar belakang suara yang diciptakan oleh Tulus. Area ini juga akan menjadi ruang utama di mana akan digelar program mingguan seperti kelas seminar dan workshop.

Area 3: Instalasi Bawah Laut

Ruang ini akan menampilkan instalasi yang menggambarkan dampak dan kondisi bawah laut kita jika penggunaan plastik sekali pakai terus bertambah.

 

Area 4: Ruang Ajakan

Dalam ruang ajakan ini, karya Davy Linggar bersama dengan beberapa pekerja seni dan aktivis tentang ajakan untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai akan ditampilkan melalui proyeksi video.

Area 5: Ruang Solusi

Di ruang kelima pameran dan instalasi Laut Kita, akan disajikan solusi untuk mencegah dan meminimalisir limbah plastik sekali pakai.

 

 

Area 6: Ruang Janji

Untuk berinteraksi dengan pengunjung, pada ruangan ini akan ada pledge wall di mana setiap pengunjung dapat berfoto dan menuliskan janji mereka untuk menyelamatkan bumi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini