Wakil Malang dan Mojokerto Juara Raka Raki Cilik 2019

Amanda Rahma, Jurnalis · Minggu 05 Mei 2019 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 05 406 2051767 wakil-malang-dan-mojokerto-juara-raka-raki-cilik-2019-CBPpTZ8N7b.jpg

PEMERINTAH Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Parawisata melangsungkan ajang bergengsi yaitu pemilihan duta wisata Raka dan Raki 2019.

Raka Raki ini merupakan ajang yang diselanggarakan Pemprov Jawa Timur untuk mencari putera puteri terbaik dari kabupaten atau kota se-Jawa Timur. Raka Raki yang dilaksanakan tiap tahun ini selalu berhasil menarik minat muda-mudi untuk mengikuti ajang ini.

Kesuksesan ajang bergengsi ini membuat Pemprov Jawa Timur akhirnya untuk pertama kalinya menyelenggarakan acara ini berbeda dari biasanya. Raka Raki ini akhirnya membuat ajang khusus yang bisa diikuti oleh anak-anak kecil yaitu Raka Raki Cilik 2019.

Pendaftaran acara ini dibuka pada 8 April 2019 dan ditutup pada Jumat 26 April 2019. Melalui ajang tersebut 125 anak mendaftar untuk menjadi peserta Raka Raki Cilik 2019. Sebanyak 125 peserta tersebut mengikuti beberapa tes yaitu tes tulis, interview, dan menunjukan talenta yang dimiliki.

Dari 125 peserta yang mengikuti ajang tersebut, dipilih 15 pasang yang terdiri dari 15 Raka Cilik dan 15 Raki Cilik yang akan mengikuti tahap seleksi yang diselenggarakan pada Jumat 3 Mei 2019 di Grand City & Convex, Surabaya.

Dalam tahap seleksi tersebut 30 peserta lolos dan diberikan kesempatan untuk menjawab pertanyaan yang disampaikan kepada masing-masing peserta. Setelah 30 peserta tersebut menjawab pertanyaan-pertanyaan, mereka dikerucutkan menjadi 5 pasang Raka dan Raki dan mengikuti tahap terakhir yaitu Grand Final yang dilaksanakan pada 4 Mei 2019.

Lima besar pasangan yang berhasil masuk ke babak Grand Final terdiri dari para Raka; Priawan Daniel Mahendra (07), Gerald R. Yusuf (13), Gianobel Maliki Sinaga (23), Jertiadi Cakra Pusaka N. (27), dan yang terakhir adalah Kahfinzu Rivy N. (29). Untuk para Raki terdiri dari; Violetta Ratu Azzura (04), Ratu Belatrix Azzura (06), Elyta Yoja Novita S. (14), Safahana Najwa A. (18), Alexa Salsabila Putri R. (30).

Baca Juga : Dianggap Tak Adil saat Penjurian, Chef Juna: Saya Gak Peduli, Bodoamat

Kelima pasangan tersebut akhirnya mengikuti tahap terakhir sebelum akhirnya dipilih pemenang Raka Raki Cilik 2019. Para peserta tersebut melewati tahapan yang sudah ditentukan oleh panitia salah satunya menjawab pertanyaan yang dilemparkan juri kepada 10 peserta yang tersisa.

Setelah perjalan panjang yang sudah dihadapi oleh seluruh peserta Raka Raki Cilik 2019 ini, akhirnya terpilih pemenangnya yaitu (Raka) Gerald R. Yusuf yang berasal dari kota Malang dan (Raki) Alexa Salsabila Putri R. yang berasal dari kota Mojokerto. Para penang Raka dan Raki tersebut masing masing mengunggah foto mereka sambil memegang piala yang mereka peroleh sembari menyampaikan rasa terima kasih kepad semua orang yang telah mendukung mereka.

Alexa Salsabila Putri R. juga menyampaikan rasa terima kasihnya di dalam blog pribadinya. “Hari ini 4 Mei 2019 bertepatan dengan Sabtu, merupakan hari yang menggembirakan dikarenakan akhir dari proses perhelatan ajang propinsi Jawa Timur yaitu Raka Raki 2019 sudah selesai. No Pain No Gain, adalah salah satu quote yang selama ini Alexa Salsabila gunakan, atau bahasa Jawa Timur-nya jer basuki mawa beya yang mempunyai arti yang sama yaitu semua keberhasilan membutuhkan pengorbanan” tulis Alexa.

“Kemenangan menurut Alexa adalah sebuah proses pembelajaran, tidak ada kata berhasil tanpa belajar, jika belum berhasil terus coba dan coba sampai sukses. Walaupun teman-teman dari kota-kota lain (Banyuwangi, Jember, Surabaya, Sidoarjo, Malang, dll) yang sudah mengikuti ajang kompetisi ini telah berusaha, namun yakinlah, bahwa kalian sudah menjadi pemenang,” jelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini