4 Rekomendasi Wisata Halal di Korea Selatan

Pradita Ananda, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 21 406 2069409 4-rekomendasi-wisata-halal-di-korea-selatan-hG8X4Mes85.jpg Wisata halal di Korea Selatan (Foto: Visit Korea)

KOREA Selatan jadi salah satu destinasi wisata yang paling diincar oleh masyarakat Indonesia. Mengingat Korea Selatan adalah non-Muslim country, maka wisata halal jadi hal utama yang patut diperhitungkan.

Jangan sedih dulu, seiring dengan perkembangan wisata halal yang makin hits dari waktu ke waktu. Sekarang Korea Selatan diketahui telah masuk dalam deretan negara yang menawarkan wisata ramah muslim.

Sebab memang wisatawan yang masuk ke negara ini, notabene memang adalah wisatawan Muslim. Sehingga Korea memutuskan untuk aktif menyediakan berbagai fasilitas ramah bagi umat muslim seperti restoran dan toko berlabel halal serta tempat ibadah, untuk menyokong wisata halal bagi para wisatawan.

Nah, jika hendak berwisata halal ke Korea kira-kira bisa ke mana saja sih? Merangkum berbagai sumber, Sabtu (22/6/2019) berikut uraian singkat rekomendasi wisata halal di Korea Selatan yang bisa dicoba.

1. Pulau Jeju

Pulau Jeju

Jeju Island ini bisa dibilang merupakan ‘Pulau Dewata’nya Korea Selatan. Menawarkan tidak hanya alam yang indah, namun juga berbagai makanan lezat dan aktivitas menarik. Untuk mengembangkan wisata halal, sang Gubernur Jeju Island, Won Heeryong mengatakan, beberapa upaya telah dilakukan untuk mendatangkan lebih banyak wisatawan dari Indonesia. Mulai dari menyediakan makanan halal dan musala agar wisatawan tidak mengalami kesulitan untuk wisata kuliner dan juga beribadah.

2. Kuliner halal di Gangwon 

 Wisata di Gangwon

Bingung mau makananan halal apa saat di Korea, coba sambangi Provinsi Gangwon di Korea Selatan, pasalnya sesuai dengan kerjasama co-marketing antara Korea Tourism Organization Jakarta Office (KTO Jakarta) dengan Garuda Indonesia Holidays (GIH). Melalui MOU ini, diketahui ada delapan travel agent terpilih membentuk konsorsium dan akan menjual produk pariwisata Muslim Korea. Selain penyediaan musala sebagai tempat menunaikan salat, saat ini produk yang telah dikembangkan oleh GIH ada tiga macam yaitu produk 3M5H, produk 4M6H, dan produk 5M7H, yang menyertakan makanan halal di restoran ramah muslim pada semua jadwalnya, serta penyesuaian jadwal perjalanan dengan kunjungan ke musala dan juga Pulau Nami yang populer di kalangan wisatawan Indonesia.

3. Masjid Itaewon

 Masjid Itaewon

Sebagai kawasan ‘Kemang’ alias daerah ekspatriat di Seoul, di sini kita bisa dengan begitu mudah mendapatkan aneka makanan halal karena diisi oleh para pelancong dari berbagai negara. Mulai dari aneka kebab Turki, makanan timur tengah, hingga restoran cepat saji halal seperti The Halal Guys. Selain itu, di Itaewon, tepatnya di Hannam-dong, Yongsan-gu ini juga berdiri megah masjid Seoul Central Mosque yang mana adalah masjid terbesar dan masjid pertama di Korea Selatan. Selain menjadi tempat ibadah baik untuk warga lokal dan turis Muslim, biasanya memang masjid ini juga dikunjungi para wisatawan Muslim sebagai salah satu destinasi wisata.

4. BBQ halal di Gangnam

 

Jangan salah! Daerah paling elit di Seoul satu ini juga menawarkan wisata kuliner halal loh! Liburan ke Seoul rasanya tidak afdol jika tidak merasakan sensasi, pengalaman menyantap BBQ khas Korea dengan cerobong asapnya tersebut.

Untuk menikmati BBQ halal, salah satunya bisa menyambangi restoran Yang Good yang berlokasi di 15 Nonhyeon-ro 95-gil, Yeoksam-dong, Gangnam. Di restoran halal ini, hanya disediakan daging domba halal premium dari Australia yang rasanya begitu juicy dan lezat.

Jika masih bingung, Anda dapat mengunjungi situs resmi Visit Korea dan mengunduh informasi lengkap melalui tiga e-book katalog wisata halal yang tersedia. Mulai dari katalog restoran Muslim-friendly, katalog map Muslim-friendly, hingga katalog rute Muslim-friendly.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini