Share

5 Obyek Wisata Ramah Anak Ini Cocok untuk Dikunjungi saat Liburan Sekolah

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 20:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 22 406 2069634 5-obyek-wisata-ramah-anak-ini-cocok-untuk-dikunjungi-saat-liburan-sekolah-dv81M2MS5O.jpg Wisata De Ranch Bandung (Foto: aleshandria/Instagram)

Liburan sekolah telah tiba, saatnya orangtua mengajak anak mengunjungi obyek wisata tertentu. Meskipun beberapa keluarga mungkin sudah memanfaatkan libur Idul Fitri untuk bepergian, tak ada salahnya kegiatan tersebut diulang kembali. Salah satu yang bisa dijadikan pilihan adalah obyek wisata ramah anak.

Obyek wisata ramah anak biasanya dilengkapi dengan fasilitas dan sarana yang aman untuk anak. Selain itu, saat liburan di obyek wisata tersebut anak bisa belajar berbagai macam hal. Merangkum berbagai sumber, Sabtu (22/6/2019), inilah sejumlah obyek wisata ramah anak:

Observatorium Bosscha, Bandung

 Tempat wisata

Mengajak anak untuk mengenal benda-benda langit bisa menjadi pilihan menarik. Oleh karenanya, orangtua bisa mengajak mereka ke Observatorium Bosscha. Di sana anak-anak bisa melihat alat-alat yang digunakan untuk meneropong bintang dan benda langit lainnya serta mendapatkan pengetahuan seputar astronomi. Sekadar informasi, obyek wisata ini buka setiap hari Selasa-Sabtu dan harga tiket masuknya Rp15 ribu per orang di sesi siang serta Rp20 ribu per orang di sesi malam.

De Ranch, Bandung

 Tempat wisata

Ingin mengajak anak ke obyek wisata yang menawarkan hijaunya pemandangan? The Ranch bisa menjadi pilihan. Obyek wisata ini terletak di Lembang, Bandung. Di sana anak-anak bisa belajar mengendarai kuda, bermain-main di tanah lapang, dan menghirup udara segar karena banyak pepohonan yang tumbuh. Selain itu, banyak pula permainan anak. Harga tiket masuk ke obyek wisata ini sebesar Rp15 ribu per orang.

Museum Angkut, Malang

 Tempat wisata

Pilihan obyek wisata lainnya untuk liburan adalah Museum Angkut di Malang. Di sana anak-anak dapat belajar mengenal aneka transportasi umum di darat, laut, hingga udara. Bahkan ada transportasi yang digunakan pada zaman dahulu. Anak-anak juga bisa mencoba beberapa simulator. Untuk masuk ke obyek wisata ini dikenakan tiket masuk seharga Rp100 ribu.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

Setu Babakan

 Tempat wisata

Salah satu cara melestarikan kebudayaan adalah mengenalkan kepada anak sedini mungkin. Orangtua bisa mengajak anak ke Setu Babakan di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Di sana anak-anak bisa belajar dan mengenal kebudayaan Betawi. Mulai dari tarian, lenong, pencak silat, hingga makanan dan minuman khas. Harga tiket masuk ke obyek wisata ini pun terbilang murah.

Taman Mini Indonesia Indah

 Tempat wisata

Selanjutnya ada Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di sana anak-anak bisa mengetahui adat istiadat dari 34 provinsi di Indonesia. Mulai dari bentuk rumah adat, pakaian tradisional, hingga hal lainnya seperti makanan dan tarian. Ada pula rumah ibadah dari 6 agama di Tanah Air. Selain itu, anak-anak juga bisa mengunjungi beberapa museum seperti Museum Air Tawar, Museum Keprajuritan, Museum Komunikasi, Museum Transportasi, Museum Perangko, dan masih banyak lagi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini