Sensasi 7 Hari Menjelajah Warisan Budaya di Katalunya hingga Andalusia

Kamis 27 Juni 2019 20:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 27 406 2071840 sensasi-7-hari-menjelajah-warisan-budaya-di-katalunya-hingga-andalusia-jHWp5boayx.jpg Foto: Reuters

EROPA merupakan benua yang sangat diidamkan oleh seluruh wisatawan mancanegara. Banyak destinasi wisata yang memukau di sana, sebut saja Menara Eiffel di Paris, Prancis dan Big Ben di London, Inggris.

Selain itu, terdapat pula bangunan-bangunan dari masa lampau, deretan karya seni para maestro di museum-museumnya, sampai menikmati kebudayaan dari peradaban kuno yang seakan-akan Anda kembali ke masa lampau.

Nah jika Anda memiliki waktu 7 hari saja, ada baiknya mengikuti itinierary perjalanan ke Katalunyadi utara dan lanjutkan dengan menjelajah sampai ke Andalusia yang pernah jadi jantung perabadan dunia di selatan Spanyol.

Namun sebelum berangkat, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan matang. Tentu saja yang paling penting adalah mengetahui transportasi dan tempat-tempat yang jadi prioritas kunjungan Anda di sana.

Pesan tiket untuk datang dan pulang

Bagian pertama perjalanan Anda adalah merencanakan tiket untuk datang dan pergi. Sebaiknya pesan tiket sejak jauh hari, karena bisa saja mendapatkan tiket promo. Adapun harga terbaik untuk perjalanan ini adalah di awal Agustus, karena Anda bisa mendapatkan tiket dengan harga di kisaran Rp10.000.000.

Anda bisa memesan tiket penerbangan one-way flight, round-trip flight, atau multi-city flight untuk perjalanan ini. Namun one-way flight, mungkin tidak cocok karena ini berarti Anda hanya memesan tiket untuk sampai ke satu tujuan. Bayangkan saja, agar sampai di Katalunya dengan tiket one-way flight, Anda harus memilih perjalanan Jakarta-Barcelona dengan harga di kisaran Rp10.000.000.

Tentu setelah memesan satu tiket itu, Anda akan repot memesan tiket lainnya untuk menjelajah sampai ke luar komunitas Katalunya di Spanyol. Lalu ada juga opsi round-trip yang berarti memesan tiket perjalanan bolak-balik antara kota asal dan tujuan. Ini sama saja dengan membeli tiket pergi-pulang sekaligus Jakarta-Barcelona-Jakarta dengan harga di kisaran Rp20.000.000.

Kedua opsi tersebut cocok jika Anda cuma ingin menjelajah satu wilayah saja, yakni komunitas Katalunya. Atau setidaknya di kota Barcelona saja. Namun kalau ingin perjalanan seru dari Spanyol Utara ke Selatan, lebih baik memakai fitur multi-city flight seperti yang ada di Traveloka.

Multi-city flight membuat Anda bisa memilih tiket pergi dan pulang dari kota yang beragam. Kota kedatangan bisa berbeda dengan kota keberangkatan nanti. Anda jadi lebih hemat waktu karena cuma sekali pesan. Harganya pun bisa lebih murah. Tiket perjalanan Jakarta-Barcelona di kisaran Rp10.000.000, lalu tiket perjalanan Madrid-Jakarta di kisaran Rp9.500.000. Totalnya malah hanya Rp19.500.000, lebih hemat ketimbang opsi one-way atau round trip.

Membagi waktu, 3 hari di Katalunya

Bagi Anda penggemar Lionel Messi dan klub Barcelona, pastinya jangan sampai terlewatkan kesempatan untuk mengunjungi markas tim Azulgrana, Stadion Camp Nou. Anda bisa berfoto dengan latar belakang stadion legendaris di Spanyol tersebut.

Namun masih banyak tempat yang bisa Anda eksplore di Barcelona seperti mengelilingi gang-gang sempit nan indah di Barri Gothic, membaru dalam keramaian La Rambla di malam hari, dan mengagumi kemegahan Sagrada di Familia.

Tentu saja bagi Anda penyuka sejarah, seni dan arsitektur, mengenali Sagrada di Familia sebagai magnum opus Antoni Gaudi. Selain itu ada banyak bangunan nyeleneh penuh warna hasil karyanya. Misalnya Casa Batllo, Casa Mila, Palau Guell, dan Park Guell.

Anda bisa menghabiskan waktu 2 hari di Barcelona untuk menikmati semua keindahan itu. Lalu satu hari sisanya, cobalah untuk mengarah ke selatan, sampai kota Tarragona yang berada di tepi pantai. Ada banyak sekali bangunan Romawi kuno tersebar di kota ini. Salah satu yang harus kamu Anda kunjungi adalah amphiteathre Romawi di tepi pantai Playa del Milagro.

 ist

Melihat Kota Kekhalifahan Andalusia

Wilayah Andalusia punya nuansa sedikit beda dengan Katalunya di utara. Di masa lalu, Andalusia pernah ada di bawah kekuasaan dinasti Umayyah dan berjaya sebagai pusat perdagangan, budaya, dan ilmu pengetahuan. Hingga sekarang, ada banyak sekali bangunan dan peninggalan sejarah bernuansa budaya Islam.

Begitu juga dengan Granada yang masih wilayah Andalusia. Bangunan paling terkenal sekaligus wajib Anda kunjungi di sini adalah Istana Alhambra, sebuah komplek kerajaan yang terdiri dari istana, kawasan hunian, zona pertahanan dan taman-taman.

Untuk mencapai Andalusia, dari Tarragona naiklah kereta menuju ke bandara Joseph Tarradellas Barcelona-El Prat. Berikutnya sambung dengan penerbangan ke Granada. Namun jika Anda masih memiliki sisa waktu, kunjungi pula Carrera del Darro dan Paseo de los Tristes. Keduanya adalah tempat paling indah di Granada. Letaknya tepat di samping jembatan Darro dan dari sini kamu bisa melihat kemegahan istana Alhambra.

Anda bisa saja menghabiskan 1 atau 2 hari untuk menjelajah dan memotret di sekeliling kota Granada yang indah ini. Lalu selanjutnya, perjalanan mampirlah ke Seville untuk melihat menara bel La Giralda dan katedral besar Seville. Sempatkan pula menikmati pertunjukkan Flamenco yang biasanya diselenggarakan malam hari.

Di pagi harinya, Anda bisa berpindah ke Madrid menggunakan kereta. Di sini itinerary perjalanan Anda berakhir. Jika Anda menggunakan fitur multi-city flight dari Traveloka, masih tersisa waktu seharian karena tidak perlu kembali ke Barcelona demi mengejar pesawat pulang. Cukup nikmati saja kota Madrid sambil menunggu jadwal penerbangan kembali ke Indonesia.

Sudah siap merasakan sensasi jelajah 7 hari terindah Anda di Eropa?

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini