Intip Eksotisnya Budaya Tradisional di Festival Pesona Mentawai 2019

Rus Akbar (Okezone), Jurnalis · Senin 01 Juli 2019 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 01 406 2073147 intip-eksotisnya-budaya-tradisional-di-festival-pesona-mentawai-2019-j8NLBb3mWQ.JPG Festival Pesona Mentawai 2019 (Foto : Rus Akbar/Okezone)

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat belum lama ini menggelar Festival Pesona Mentawai 2019. Tahun ini merupakan yang keempat kalinya digelar.

Tahun ini Festival Pesona Mentawai digelar di Kawasan Wisata Pantai Mapaddegat, Desa Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara pada 28 Juni sampai 1 Juli 2019.

Acara ini dimulai dengan Ritual Paruak. Ritual ini diadakan kareba beberapa Sikerei (tabib) yang datang di festival dari berbagai daerah. Jadi harus ada upacara agar tidak terjadi hal-hal gaib yang mengganggu jalan festival.

Festival Pesona Mentawai 2019

Acara dilanjutkan oleh pawai budaya dari kantor Bupati Kepulauan Mentawai ke lokasi festival. Pawai budaya ini diikuti dari berbagai kontingen yang ada di Mentawai.

Sampai 1 Juli banyak perlombaan mulai dari lagu Mentawai, busana tradisional Mentawai, jelajah hutan mangrove, lomba panah tradisional, perahu layar tradisonal, turuk laggai (tari tradisional). Tak hanya ini dalam festival ini juga digelar kuliner tradisional, tato dan berbagai atraksi daerah lainnya.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kortanius Sabeleake menilai Festival Pesona Mentawai (FPM) 2019 adalah momen untuk lebih menggali identitas budaya Mentawai.

Momen tersebut merupakan kesempatan untuk berinovasi, sehingga Mentawai yang dikenal tidak selalu identik Sikerei. Ajang ini juga menampilkan inovasi pada bidang kuliner, budaya, sehingga menghasilkan pendapatan untuk masyarakat.

"Orang Mentawai sendiri lebih menggali identitasnya untuk dapat ditampilkan pada pesona Mentawai berikutnya. Dengan momen ini ada inovasi baru muncul, juga tempat menampilkan budaya Mentawai, kuliner. Selain itu, ini juga ajang bisnis, masyarakat dapat memanfaatkan peluang seperti akomodasi penginapan, transportasi seperti ojek, memasarkan hasil pertanian," kata Korta saat meninjau persiapan festival di Kawasan Wisata Mapaddegat, Sipora Utara. 

festival mentawai

Korta berharap Festival Pesona Mentawai menjadi momen atau peluang untuk menggerakkan perekonomian. "Yang jelas kita sudah sediakan peluangnya bagaimana masyarakat menangkap momen ini, memberikan peluang untuk menyediakan penginapan dan menjual kuliner khas Mentawai," tambahnya.

Kepulauan Mentawai

Sementara Kepala Disparpora Mentawai Joni Anwar mengatakan aktivitas di kawasan wisata Mapaddegat ke depan selalu ada. "Jadi tidak hanya momen FPM saja, tetapi seterusnya tempat ini akan ada kegiatan seperti atraksi yang diisi oleh OPD, dan komunitas lain, kita sudah sediakan tempat dan setiap bulan ada kegiatan ada di sini sehingga ini ada keberlanjutannya," jelasnya.

pasir putih mentawai

Sementara itu, keunggulan Kawasan Wisata Mapaddegat adalah lokasinya berada di tepi pantai. Kabid Pemasaran Disparpora Mentawai, Mateus Samalinggai menuturkan, kawasan ini memiliki titik surfing, hamparan pasir putih memanjang di lokasi yang bersih.

Selain itu, daerah ini berdekatkan dengan resort dan pemukiman masyarakat. Lokasi ini dilengkapi dengan gedung penjaga pantai, bangunan pertujukan, kafe, tempat santai, serta panggung dan pondok-pondok.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini