Bikin Heboh, Muncul Patung Liberty di Arab Saudi

Willi Zera Kertangi, Jurnalis · Jum'at 05 Juli 2019 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 05 406 2074967 bikin-heboh-muncul-patung-liberty-di-arab-saudi-6scSyeEQmM.jpg Patung Liberty di New York

FOTO dan video kemunculan replika Patung Liberty di Jeddah, Arab Saudi, memicu kegaduhan di dunia maya. Saking hebohnya, keberadaan patung yang menjadi simbol kebebasan Amerika itu sampai memaksa otoritas setempat mengeluarkan statement resmi.

Patung Liberty dalam foto dan video yang beredar terkonfirmasi berada di Al Hamra Corniche, Jeddah. Otoritas setempat membenarkan adanya pemasangan replika Patung Liberty sebagai bagian dari Jeddah Seasons Festival yang sedang berlangsung.

 

Menurut pernyataan resmi yang diterbitkan Ajel News, Patung Liberty hanya dipasang untuk sementara waktu sebagai bagian dari pameran warisan Amerika Serikat, dalam rangka memperingati Independence Day pada 4 Juli.

"Patung Liberty, saat ini terletak di Al Hamra Corniche, adalah bagian dari acara sementara dan akan dibongkar segera setelah acara berakhir, ” demikian pernyataan pemerintah kota Jeddah, yang diterbitkan di Twitter oleh akun resmi HashKSA.

Media Arab Saudi lainnya, Al Roeya, menulis konfirmasi bahwa pemasangan replika patung Liberty hanya akan dilakukan selama satu pekan. Patung itu sengaja digunakan sebagai bagian dari pertunjukan hiburan untuk berbagi warisan Amerika, setelah keberhasilan kegiatan serupa dalam beberapa pekan terakhir di negara-negara lain.

Foto yang beredar menunjukkan replika Patung Liberty yang dikelilingi oleh alat peraga lainnya, termasuk replika Hollywood, tanda Selamat Datang di Vegas, topi Paman Sam dan patung Elvis Presley.

Klip video pendek yang di-posting oleh salah satu pengguna Twitter menunjukkan pertunjukan yang menampilkan patung tersebut. Selain itu diputarkan juga lagu Bruno Mars, Uptown Funk.

Tak urung, beberapa pengguna Twitter angkat suara mengomentari kemunculan patung Liberty di Jeddah. Novelis Saudi, Sara Ali menulis: “Saya tinggal di Jeddah, jelaskan kepada saya di mana saya bisa menemukan Patung Liberty? Saya berkeliling Jeddah dan tidak dapat menemukannya. Saya melihat hal-hal aneh di Twitter dan ketika saya mencarinya, saya tidak dapat menemukannya dalam kenyataan, apakah itu tidak terlihat atau tidak dapat saya lihat! "

Seorang pengguna Twitter lain menyatakan kegelisahannya karena Patung Liberty menghalangi pandangan laut, dia menulis: "Sayangnya, saya pergi ke Jeddah Corniche dan saya tidak bisa melihat laut," tulisnya. "Letakkan replika Patung Liberty di mana saja tetapi jangan menghalangi pemandangan ke laut." 

Pengguna lain bereaksi: "Ide bagus tapi kami ingin sesuatu yang istimewa untuk negara kami."

Jeddah Seasons, yang dimulai pada 8 Juni dan berlanjut hingga 18 Juli, adalah serangkaian acara resmi, hiburan dan perayaan seni budaya. Acara tersebut akan ditutup dengan festival musik Jeddah World Fest pada 18 Juli mendatang, yang akan menampilkan pertunjukan rapper Nicki Minaj, bintang pop Liam Payne dan DJ Steve Aoki.

Selain itu, grup K-Pop Super Junior diatur untuk tampil di Jeddah pada 12 dan 13 Juli di Stadion Al Joharah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini