Jakarta Kota Paling Berpolusi Sedunia, Yuk ke Gili Iyang yang Punya Kadar Oksigen Tertinggi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 30 Juli 2019 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 30 406 2085569 jakarta-kota-paling-berpolusi-sedunia-yuk-ke-gili-iyang-yang-punya-kadar-oksigen-tertinggi-UfQokEX2OI.jpg Gili Iyang (Foto: gigih1985/Instagram)

Sejak beberapa bulan lalu, Jakarta selalu disorot sebagai kota paling berpolusi di dunia. Hal ini dibuktikan dengan sebuah aplikasi pemeriksa polusi yang disebut dengan AirVisual. Kadar polutan yang terdapat di Jakarta telah mencapai tahap berbahaya dan bisa menimbulkan efek bagi kesehatan apabila sering terpaparnya.

Berdasarkan data yang diambil pada 25 Juni 2019, Jakarta menempati kota dengan tingkat polusi udara terbesar di dunia, disusul dengan Lahore Pakistan, Hanoi Vietnam, Dubai dan Wuhan China. Jakarta berada di posisi tertinggi dengan tingkat polutan sebesar 240 dan masuk dalam kategori sangat tidak sehat.

 

Tentunya hal ini membuat masyarakat ibu kota menjadi panik dan berpikir dua kali untuk keluar dari rumah. Pemerintah juga telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker apabila hendak beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari jumlah polutan yang masuk ke dalam sistem pernapasan.

Saat ini, Jakarta memang dinobatkan menjadi sebuah kota yang sangat berpolusi di dunia. Namun, hal ini berbanding terbalik dengan salah satu pulau yang terdapat di Madura. Ya, pulau tersebut disebut dengan Gili Iyang yang terdapat di ujung timur Pulau Jawa.

 

Pulau Gili Iyang ini berada di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Pulau ini dianggap memiliki udara yang sangat bersih dan penghasil oksigen yang cukup baik. Hal tersebut terbukti dengan angka harapan hidup penduduknya yang terbilang cukup tinggi.

Bila Anda berkunjung ke tempat ini, maka Anda bisa menemukan penduduk dengan usia lebih dari satu abad. Mengapa bisa demikian? Salah satu faktornya adalah kandungan oksigen dalam udara yang berlimpah. Saking melimpahnya, Gili Iyang dinobati sebagai daerah yang memiliki kadar oksigen tertinggi di dunia.

Tak hanya udara dan kadar oksigennya saja yang bagus, keindahan alam Gili Iyang pun sangat bagus dan tidak kalah menariknya dengan di luar negeri. Laut biru lengkap dengan pantai berkarang ada pula pantai dengan pasir yang masih bersih serta gua-gua menarik yang bisa dieksplor di dalamnya.

Nah bagi kalian, yang merasa bosan atau ingin berpelesir meninggalkan Jakarta, maka Gili Iyang bisa menjadi pilihan utama untuk dikunjungi. Selain udaranya yang segar, Anda juga bisa membersihkan paru-paru Anda dari segala polutan berbahaya yang terkandung di udara Ibu Kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini