5 Spot Selfie Terbaik di Festival of Light 2019 Monas

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 15 Agustus 2019 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 15 406 2092135 5-spot-selfie-terbaik-di-festival-of-light-2019-monas-UTST6yAAYs.jpg Spot selfie terbaik di Festival of Light 2019 Monas (Foto : Dimas/Okezone)

Ada yang baru di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Objek wisata yang menjadi salah satu ikon Ibu kota Jakarta ini, tengah menyelenggarakan Festival of Light 2019 dengan tema sejarah Nusantara dan Kemerdekaan RI.

Belum lama ini, Okezone berkesempatan menyambangi pameran tersebut dan telah mengkurasi 5 spot selfie terbaik yang bisa Anda jajal nantinya. Penasaran kan? Berikut ulasan lengkapnya.

Area Kemerdekaan

Pada area ini, Anda akan disuguhkan hamparan lampu-lampu cantik yang dibentuk menyerupai burung garuda, bendera merah putih, dan angka 74. Menurut penuturan Vidi Panries Harsa, selaku Project Officer Festival of Light 2019, pemasangan instalasi tersebut memang dimaksudkan untuk merayakan Hari Kemerdekaan RI yang ke-74

area kemerdekaan

"Area ini bisa dibilang semacam area pembuka sebelum mengeksplorasi lebih jauh instalasi-instalasi menarik lainnya," terang Vidi saat ditemui Okezone, di Monas, Jakarta Pusat, Rabu 14 Agustus 2019.

Replika Jenderal Sudirman dan Pangeran Jayakarta

Mengingat konsep pameran ini mengusung diorama dan cerita-cerita sejarah Indonesia dan ibu kota Jakarta, pengunjung juga akan disuguhi replika tokoh-tokoh pahlawan nasional Indonesia yakni, Jender Sudirman dan Pangeran Jayakarta. Keduanya di letakkan di sisi kiri dan kanan area utama. Tampilannya sendiri penuh warna dan sangat cocok untuk menjadi spot selfie Anda.

"Jenderal Sudirman itu mewakili tokoh patriotik Kemerdekaan RI, sementara Pangeran Jayakarta kita ketahui sebagai pendidi kota ini," kata Vidi.

Jenderal Sudirman

Replika Kapal Majapahit

Di area utama terdapat sebuah replika kapal majapahit yang terlihat megah dan digadang-gadang menjadi instalansi andalan Festival of Light 2019. Bagaimana tidak, dibanding instalansi lainnya, bentuk dan ukuran replika kapal ini memang terbilang besar meski tidak sebesar ukuran sesungguhnya. Pengunjung juga diperkenankan menaiki kapal dan berselfie di atasnya.

Vidi mengatakan, pemilihan intalasi Kapal Majapahit karena didasari sejarah negara kita yang dulunya dikenal sebagai bangsa penguasa lautan. Ukuran kapal Kerajaan Majapahit bahkan digadang-gadang lebih besar dibanding kapal milik Cheng Ho (pelaut dan penjelajah asal Tiongkok).

Kapal Majapahit

Dulu itu Kerajaan Majapahit berperan besar mempersatukan Indonesia dan Asia, seharusnya kita bangga dengan nenek moyang kita," terang Vidi.

Romantic Garden dan Mobil Bung Karno

Beralih ke area Romantic Garden, Anda bisa menikmati pemandangan indah deretan lampu-lampu yang dibentuk menyerupai bunga indah nan romantis. Ya, area Romantic Garden ini sangat cocok bagi pasangan yang ingin berbincang ringan dari hati ke hari, sembari sesekali mengambil foto selfie.

taman lampu

Tidak hanya itu, di tengah hamparan bunga-bunga tersebut juga terdapat replika mobil Keperesiden pertama milik Presiden Soekarno yakni, mobil Buick 8. Di sisi kanan taman juga terdapat terowongan arau LED tunnel dengan desain bola-bola merah putih yang tidak kalah cantiknya.

terowongan lampu

Replika Rumah Bung Karno

Sebagai salah satu saksi bisu Kemerdekaan RI, Rumah Bung Karno yang dulu berada di Jalan Pegangsaan Timur no.56 ini turut diboyong pada Festival of Light 2019. Di halaman rumah, terdapat instalasi bunga dan replika Bung Karno dan Bung Hatta yang sedang berdiri berdampingan.

rumah bung karno

Jadi tunggu apalagi? Segera atur waktu untuk mengunjungi Festival of Light 2019. kegiatan ini diselenggarakan di Taman Selatan Kawasan Monas mulai 15 Agustus - 23 Agustus mendatang. Pameran terbuka untuk umum serta tak dipungut biaya.

Pengunjung dianjurkan datang pada jam-jam pertunjukkan karena akan diiringi permainan lampu laser dan iringan musik. Jadwalnya terbagi menjadi 3 sesi yakni, pukil 18.30 - 18.55 WIB, pukul 20.00 - 20.25 WIB, pukul 21.00 - 21.25 WIB.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini