Mengejar Eksotisme Sunset di Pantai Walakiri Sumba

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Rabu 25 September 2019 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 25 406 2109161 mengejar-eksotisme-sunset-di-pantai-walakiri-sumba-OXMwmtxouF.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PEMANDANGAN alam di Pulau Sumba memang telah menjadi magnet bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tak dipungkiri, eksotisme Sumba dengan hamparan padang savana dan pantainya berhasil meninggalkan kesan mendalam bagi siapapun yang melihatnya.

Kita mungkin seringkali melihat Sumba seringkali menjadi tujuan wisata bagi para selebriti dan influencer di Instagram. Salah satunya adalah Pantai Walakiri, yang dijuluki pantai surga di Nusa Tenggara Timur.

Perjalanan menuju Sumba memakan waktu kurang lebih sekira 4 jam 30 menit dari Jakarta, dengan 2 jam pertama dihabiskan untuk penerbangan ke Denpasar. Kemudian transit di Denpasar sekira 1 jam.

Setelah tiba di Kota Waingapu, tepatnya di Bandar Udara Umbu Mehang Kunda.

Dari Denpasar menuju Waingapu, penerbangan hanya bisa ditempuh menggunakan pesawat baling-baling, yang memakan waktu sekira 1 jam 30 menit. Setelah tiba di Kota Waingapu, tepatnya di Bandar Udara Umbu Mehang Kunda.

Beberapa agen perjalanan lokal memang menyediakan mobil untuk mengunjungi destinasi di Pulau Sumba. Ada yang menggunakan mobil pribadi seperti model MPV atau mobil jip.

Butuh waktu 4 jam sebelum sampai ke Pantai Walakiri, tapi perjalanan tersebut tidak sepenuhnya menyebalkan. Karena, di antara perjalanan dari pusat kota menuju Pantai Walakiri.

Anda bisa mampir dulu mengunjungi Bukit Tanarara, untuk melihat hamparan padang rumput dan gundukan bukit. Perjalanan ke Bukit Tanarara dari pusat kota Waingapu tersebut menyajikan hamparan padang rumput, kuda-kuda, serta gugusan bukit di sepanjang perjalanan.

Butuh waktu 4 jam sebelum sampai ke Pantai Walakiri, tapi perjalanan tersebut tidak sepenuhnya menyebalkan.

Puas menikmati keindahan bukit itu, kami pun bergerak menuju Pantai Walakiri dengan waktu tempuh sekira dua jam dari Bukit Tanara. Saat tiba sekira pukul 16.30 WIT, hamparan laut dengan gradasi warna biru dan pasir putih mampu memanjakan mata.

Pada pukul 18.00 WIT, semburat oranye mulai terlihat dari arah barat. Semburan oranye juga lambat laun berubah menjadi warna merah mudah yang indah, menambah eksotisme pemandangan Pantai Walakiri.

Saat tiba sekira pukul 16.30 WIT, hamparan laut dengan gradasi warna biru dan pasir putih mampu memanjakan mata.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini