Peringati Hari Badak Sedunia, Tanjung Lesung Serukan Selat Sunda Aman

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 28 September 2019 15:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 28 406 2110455 peringati-hari-badak-sedunia-tanjung-lesung-serukan-selat-sunda-aman-mJ0xKCbEoO.jpg Festival Tanjung Lesung. (Foto: Okezone)

DALAM rangka memulihkan pariwisata Pandeglang dan Provinsi Banten, Pemda pun mengadakan Festival Tanjung Lesung dari 28 hingga 29 September 2019. Kegiatan ini pun sudah diadakan untuk kali ketiganya.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati, mengatakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Festival Tanjung Lesung, Pemerintah Provinsi Banten menyerukan kampanye #AyokeBanten dan #SelatSundaAman.

"Ini upaya pemulihan pariwisata Pandeglang dan Provinsi Banten secara umum serta dalam rangka perayaan World Rhino Day yang jatuh pada tanggal 22 September 2019. Banten berbagai destinasi didalamnya siap menerima kunjungan wisatawan, domestik maupun mancanegara," jelasnya

Ia menambahkan, kawasan Tanjung Lesung dan sekitarnya sudah aman dari bencana gempa dan tsunami. Selain itu, hal ini lakukan untuk memperlihatkan pada warga dan wisatawan agar tidak takut akan terjadi bencana.

Festival tanjung lesung di 27-29 September

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT. Banten West Java (Pengelola Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung), Poernomo Siswoprasetijo mengatakan, Banten sangat berpotensi untuk perekonomian dalam mengembangkan pariwisata.

Sebagai pengelola kawasan pariwisata Tanjung Lesung, ia akan meresmikan Rumah Wisata Ladda Bay Village, di mana ini adalah sebagai proyek unggulan di kawasan wisata yang sedang tumbuh kembali pasca-tsunami

"Dalam kesempatan baik ini, Banten West Java sebagai pengelola KEK pariwisata Tanjung Lesung meresmikan Rumah Wisata Ladda Bay Village, dengan fungsi yang akomodatif terhadap kebutuhan fasilitas di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung," katanya.

Menurutnya, secara tata ruang dan dampak sosial ekonomi, kawasan ini diproyeksikan menjadi titik pertumbuhan ekonomi berbasis pariwisata di kawasan ini. Oleh katena itu, fasilitas infrastruktur yang memadai seperti mix use resort development tengah diterapkan.

Festival tanjung lesung rhino x day

Festival Tanjung Lesung menghadirkan dua acara utama yaitu Rhino Cross Triathlon, ajang edisi ketiga kejuaraan terbuka triathlon lintas alam (Cross Triathlon) pertama di Indonesia yang terdiri dari lomba renang, balap sepeda dan lari melintasi keindahan dan tantangan alam Tanjung Lesung.

Selain itu, ada juga Pasar Kolecer yang dihelat pada 27 - 29 September 2019 di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Tanjung Lesung.

Sementara Rhino X-Tri digelar dalam 2 kategori yaitu Kategori Rhino yang melombakan nomor renang 1000 meter, balap sepeda 20 kilometer dan lari 10 kilometer serta kategori Bull yang melombakan renang 500 meter, balap sepeda 10 kilometer dan lari 5 kilometer. Di ajang Rhino Mountain Bike XCM akan dipertandingkan kategori-kategori; Women Open, Men Open, Men Junior dan Men Master.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini