Menikmati Pesona Bukit Kota Jayapura, Seperti di Luar Negeri

Salman Mardira, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 22:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 04 406 2113070 menikmati-pesona-bukit-kota-jayapura-seperti-di-luar-negeri-KZw7mQvke8.jpg Bukit Kota Jayapura. (Foto: Okezone/Salman)

KOTA Jayapura memang tengah memanas beberapa minggu terakhir. Sempat didera kerusuhan yang disebabkan oleh aksi protes ujaran kebencian, Jayapura juga diguncang gempa.

Papua memang diguncang gempa dengan magnitudo 3,4. Lindu yang terjadi, Jumat pada 13 September 2019 sekira pukul 02.02 WIB berpusat di darat.

BMKG mencatat lokasi gempa berada di koordinat 2,60 Lintang Selatan-140,71 Bujur Timur. Pusat gempa di darat sekitar 7 kilometer arah barat daya Kota Jayapura pada kedalaman 10 kilometer.

Memang, tidak ada kerusakan yang terjadi akibat gempa, namun hotel dan rumah di Jayapura sempat rusak karena aksi ribuan massa anti-rasisme yang turun ke jalan di Jayapura. Pendemo yang awalnya melakukan aksi di depan Kantor Gubernur Papua secara damai, berujung ricuh hingga membuat para warga memilih berdiam diri di rumah.

Selayang pandang saja, kota yang dikelilingi bukit itu memang memiliki banyak wisata alam menarik.

Tapi, terlepas dari segala dari segala kejadian buruk yang tengah menimpa kota tersebut, Jayapura memang menyajikan suasana alam yang memukau mata. Selayang pandang saja, kota yang dikelilingi bukit itu memang memiliki banyak wisata alam menarik.

Nah, salah satu yang menghadirkan pemandangan alam menakjubkan adalah bukit Jayapura City. Dari situ, kita bisa menikmati pesona Kota Jayapura yang keren banget dengan pegunungan hijau berpadu laut biru kehijauan dan perkotaan.

Jayapura City Hill atau Bukit Kota Jayapura salah satu objek wisata yang sering jadi tempat bersantai warga di sana. Lokasinya bisa ditempuh dalam waktu sekira 20 menit dari pusat Kota Jayapura.

Meskipun bisa diakses dengan sepeda motor atau mobil, tapi bersiaplah karena jalannya cukup menanjak dan berliku. Di sepanjang jalan terdapat rumah-rumah warga dan pepohonan yang menyelimuti bukit.

Di atas bukit itu, terdapat tulisan Jayapura City. Tulisan dengan aksara raksasa itu mirip dengan plang nama ‘Hollywood’ yang terkenal di Los Angles, Amerika Serikat.

Tulisan dengan aksara raksasa itu mirip dengan plang nama ‘Hollywood’ yang terkenal di Los Angles, Amerika Serikat.

Tepat di bawah tulisan Jayapura City ada papan terbentang yang bisa dipakai untuk bersantai ria sambil menikmati pemandangan Teluk Kota Jayapura yang biru kehijauan dengan beberapa pulau kecil mengapung di atasnya.

Sembari merasakan embusan angin, mata kita juga bisa melihat Pelabuhan Jayapura dengan peti kemas aneka warna dan kapal keluar masuk kemudian bangunan-bangunan pertokoan, perkantoran, rumah-rumah bertabur di sepanjang pesisir hingga ke arah bebukitan.

Sunrise adalah salah satu pemandangan paling asyik dinikmati dari Jayapura City Hill. Dari sini, kita bisa melihat langsung detik-detik matahari terbit di seberang laut memancarkan cahaya ke seluruh alam.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini