Promosikan Pariwisata, Pemerintah Aceh Gelar Festival Ratoh Jaroe

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 27 Oktober 2019 05:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 27 406 2122199 promosikan-pariwisata-pemerintah-aceh-gelar-festival-ratoh-jaroe-FDJGPzR3LE.jpg Tari Ratoh Jaroe (Foto : INASGOC

Provinsi Aceh mengadakan Festival Ratoh Jaroe 2019 yang diikuti oleh 1.560 siswi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Mereka berasal dari sekolah di berbagai wilayah Jawa, DKI Jakarta, hingga Provinsi Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, Jamaluddin mengatakan, perlombaan Tarian Ratoh Joroe ini sekaligus memperkenalkan budaya Aceh. Tarian tersebut adalah salah satunya yang cukup mendunia.

Tari Aceh

Tari Ratoh Jaroe khas Aceh (Foto: INASGOC)

"Apalagi saat Asian Games tahun lalu, banyak orang yang menganggap itu adalah Tarian Saman, padahal itu Ratoh Jaroe," kata Kepala Dinas Pariwisata Aceh, Jamaluddin kepada Wartawan saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Sabtu 26 Oktober 2019.

Selain itu harapan Jamal, diadakannya perlombaan tarian ini masyarakat Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dapat mengunjungi beberapa tempat wisata di Aceh.

Tari Jaroe

(Foto Dokumen Kemenpar)

Sementara itu, Asisten Deputi Kementerian Pariwisata RI Riza Pahlevi juga menyampaikan, diadakannya festival ini untuk melestarikan nilai-nilai tradisi di Aceh. Selain itu, festival ini bisa memberi kesempatan kepada siapa saja yang mempunyai bakat menari.

"Tujuannya untuk melestarikan nilai-nilai tradisi, kemudian bagaimana memperluas daya tularnya, memperluas orang-orang bisa menari," katanya.

Tari Aceh keren

(Foto : @wisata_bandaaceh/Instagram)

Untuk itu Kementerian Pariwisata sangat mendukung adanya pergelaran acara tersebut. Hal yang terpenting adalah kegiatan ini sekaligus akan mempromosikan pariwisata di Aceh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini