Eksotis, Ini Keindahan Tersembunyi Pantai Tar Alam yang Wajib Kamu Saksikan

Syaiful Islam, Jurnalis · Kamis 06 Februari 2020 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 06 406 2164238 eksotis-ini-keindahan-tersembunyi-pantai-tar-alam-yang-wajib-kamu-saksikan-F5kPO8VB0N.jpg Ilustrasi pantai yang eksotis (Foto: Pixabay)

Pantai Tar Alam di Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur merupakan pantai yang memiliki potensi besar sebagai destinasi wisata yang baru.

Pantai Tar Alam memiliki hamparan pasir putih alami yang menawan. Sangat cocok untuk berwisata bersama teman-teman atau keluarga.

 pantai

Jarak tempuh dari Jalan Makboel, Kelurahan Polagan, Kecamatan Kota Sampang menuju Pantai Tar Alam kurang lebih mencapai 3 kilometer dengan perjalanan selama 13 menit. Namun, akses jalan hanya dapat dilalui sepeda motor dan melewati sepanjang tambak garam.

Suasana Pantai Tar Alam sangat menakjubkan dengan pemandangan natural, alami, elok, eksotis. Di sana juga terdapat deretan tumbuhan pohon berakar tinggi dan indah dipandang di atas dataran pasir. Serta dapat memanjakan pengunjung untuk ajang selfie.

Pasir pantai tampak bersih, putih dan halus, serta tidak terlihat bebatuan di sepanjang dataran sampai area air laut. Selain itu adanya pepohonan di hutan yang menjadi view atau pemandangan alam dari ujung timur sampai barat di sepanjang pantai.

Selain menikmati pantai, pengunjung dapat melihat kapal transportasi laut yang berlayar dari Sampang menuju Gili Ketapang Probolinggo, Jawa Timur.

Salah seorang warga Kecamatan Kota Sampang, Mukid menceritakan, Pantai Tar Alam sangat bagus, layak menjadi objek wisata, dan tidak kalah dengan pantai lain khususnya di wilayah Madura.

"Saya sudah paham suasana dua pantai di Sampang, pantai Lon Malang dan pantai Camplong. Setelah tahu pantai Tar Alam ini, dan hampir mengunjungi setiap minggu, keindahan alam dua pantai itu tentu kalah jauh," ujar Mukid, Kamis (6/2/2020).

Beberapa bulan lalu, dirinya mengaku pernah mengajak salah satu teman dari luar daerah dibawa ke lokasi pantai, yang tidak tersentuh pemerintah kabupaten tersebut.

"Teman saya yang biasa berkumpul, jika gelombang ombak agak besar, bolak-balik main selancar di Pantai Tar Alam ini. Dia sangat kerasan berselancar karena tidak ada batunya dan aman ketika jatuh," katanya.

Kondisi pantai juga membuat seorang pengunjung kaget dan reaktif saat mengikuti jelajah alam ke lokasi. "Nah inilah yang disebut pantai. Mana pemerintah daerah Sampang," ucap warga Pamekasan, Rafi.

Seorang seniman dari Komunitas Perupa Sampang (KPS), Junaedi menyampaikan, hutan yang terus tumbuh di sepanjang pinggir pantai itu disebut belantara alam.

"Belantara ini dikenal hutan Tar Alam oleh masyarakat. Sehingga mereka juga menyebut Pantai Tar Alam Sampang," jelasnya.

 pantai

Penggagas monumen Trunojoyo yang menjadi ikon Sampang itu, meminta pemerintah daerah dapat turun melakukan survei ke lokasi Pantai Tar Alam yang memiliki potensi untuk dikelola menjadi objek wisata.

"Pasirnya putih, halus, tanpa bebatuan, ada banyak tumbuhan yang cocok buat pengunjung berselfie ria. Hanya saja ada sampah kecil yang harus dibersihkan," imbuhnya.

Menurutnya, pemerintah daerah harus berani mengelola terhadap potensi yang ada. Tujuannya sebagai pendukung dan pendorong dalam upaya peningkatan ekonomi daerah melalui pengembangan objek wisata khususnya pantai Tar Alam.

"Pastinya jika daerah ada niat untuk mengelola pantai yang baru saja saya tahu ini, pemerintah tetap perlu berpikir dan melakukan berbagai pertimbangan bagaimana sikap pengunjung, dampak positif pada ekonomi dan lainnya," pungkas Junaedi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini