Traveling Asyik dengan Bujet Minimalis

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 12:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 406 2175478 traveling-asyik-dengan-bujet-minimalis-TKtBNYWk30.jpg Ilustrasi (Foto: crazyegg.com)

TRAVELING identik dengan hobi mewah dan sudah menjadi gaya hidup bagi kaum milenial. Traveling memang dibutuhkan untuk menghilangkan penat dari beragam rutinitas dan refresh pikiran agar bisa lebih semangat melanjutkan aktivitas.

Namun traveling seringkali membutuhkan bujet yang tidak sedikit. Ya, memang banyak biaya yang dibutuhkan untuk sekadar menghilangkan penat dan rehat dari rutinitas mengejar mimpi. Tapi, jangan risau, bujet bukanlah penghalang untuk bisa menjelajahi sudut-sudut keindahan Indonesia. Kamu bisa tetap traveling dengan asyik dengan bujet minimalis. Yuk simak tips-tips berikut ini:

1. Riset Destinasi Wisata Murah Meriah

Sebelum traveling, susunlah rencana perjalananmu dan riset destinasi wisata yang akan kamu kunjungi. Cari tahu info tentang wisata tersebut, tarif masuknya, fasilitasnya, dan jaraknya. Dengan riset dan menyusun rencana kamu akan lebih siap menghabiskan liburan tanpa perlu khawatir bujet yang mahal.

2. Low Season Waktu yang Tepat untuk Berlibur

Traveling saat low season adalah pilihan yang tepat. Low season artinya bukan musim liburan. Biasanya saat high season harga akomodasi, transportasi, dan tempat-tempat wisata meningkat. Jadi kamu tak perlu khawatir soal bujet yang akan membengkak saat liburan, karena saat low season harga lebih murah bahkan bila beruntung kamu bisa cari tiket promo. Ditambah lagi, traveling saat low season bisa lebih menikmati tempat wisata yang lebih sepi disbanding musim liburan.

3. Pilih Transportasi Darat

Untuk meminimalisir pengeluaran, pilihlah transportasi yang hemat dengan jalan darat. Jika traveling ke luar kota, kamu bisa memesan tiket kereta dari jauh-jauh hari atau mencari tiket promo. Meski butuh waktu lama untuk dengan jalan darat, setidaknya kamu tak kehilangan pemandangan-pemandangan indah selama di perjalanan.

4. Kuliner Khas dengan Harga Terjangkau

Traveling tak lengkap rasanya tanpa menyantap kuliner khas daerah tersebut. Kamu bisa mencari tahu kuliner khas dengan harga yang terjangkau dari warga sekitar. Di samping perut kenyang, dompet pun masih aman.

5. Menginap di Hotel Murah

Menentukan akomodasi yang nyaman dan murah memang tak mudah. Hotel-hotel dengan harga minimalis sudah banyak bertebaran, bahkan kamu bisa pesan sebelumnya untuk mendapatkan harga promo. Hotel minimalis pun tak kalah nyaman, bersih, bahkan ada hotel yang memiliki spot foto instagramable, cocok untuk milenial yang ingin memposting momen-momen liburannya.

6. Ajak Teman

Traveling sendiri memang menyenangkan, apalagi mengajak teman pasti lebih mengasyikkan. Dengan mengajak teman, kamu bisa sharing cost untuk hotel dan transportasi selama traveling. Tentunya ada teman berbincang selama di perjalanan. Selain asyik, pastinya lebih hemat.

7. Minimalisir Belanja Oleh-oleh

Membeli cinderamata untuk kenang-kenangan atau untuk orang tersayang pun pasti tak luput dari setiap traveling. Tapi ingat, belilah secukupnya. Sisihkan bujet untuk oleh-oleh dan orang-orang terdekat saja dan pastinya harganya pun terjangkau.

Nah, sekarang kamu tak perlu khawatir untuk traveling dengan bujet minim. Traveling itu perlu selagi masih muda. Tapi milenial pun harus kreatif mengatur rencana traveling agar bujet tidak membengkak. Dengan begitu, kamu masih bisa menyisihkan uang untuk ditabung. (cm)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini