Cara Menuju Pulau Harapan, Gampang dan Murah Banget!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 406 2175538 cara-menuju-pulau-harapan-gampang-dan-murah-banget-CdtuCBZ4B1.jpg Pesona Pulau Harapan. (Foto: Instagram/@pulauharapan_jakarta)

MESKI tidak sepopuler Labuan Bajo dan Bali, Kepulauan Seribu sejatinya menyimpan keindahan alam yang berlimpah. Pulau Harapan salah satunya, cocok sebagai lokasi liburan bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Di Kepulauan Seribu, wisatawan bisa menyambangi pulau-pulau berbasis resort yang menyuguhkan beragam aktivitas menarik. Termasuk Pulau Harapan, yang menyimpan sejuta pesona.

Pulau Harapan cukup populer di kalangan wisatawan, karena lokasinya yang cukup strategis, serta menjadi salah satu spot snorkeling dan diving terbaik di Kepulauan Seribu. Keindahan terumbu karang, biota laut, serta koral-koral lunaknya memang tidak perlu diragukan lagi.

Lantas, bagaimana cara menuju Pulau Harapan? Jangan khawatir, Okezone telah merangkum tiga pilihan moda transportasi yang bisa Anda gunakan. Yuk simak langsung ulasannya di bawah ini.

pulau harapan

Menggunakan kapal di Kali Adem

Cara paling mudah dan terjangkau untuk menyambangi Pulau Harapan adalah dengan mengambil kapal di kawasan Kali Adem. Di tempat ini tersedia banyak kapal yang dapat membawa wisatawan ke sejumlah pulau di Kepulauan Seribu.

Untuk tarif menuju Pulau Harapan sendiri dibanderol seharga Rp52 ribu. Biaya ini sudah termasuk asuransi perjalanan. Jadwal keberangkatan kapal dimulai pukul 08.00 WIB. Sementara durasi menuju ke tersebut memakan waktu sekitar 3-4 jam.

Menggunakan speed boat dari Marina Ancol

Ingin menghemat waktu perjalanan? Anda bisa menggunakan speed boat yang berada di area Marina, Taman Impian Jaya Ancol. Namun perlu diketahui, biayanya memang agak sedikit mahal dibanding menggunakan kapal biasa.

Anda harus merogoh kocek senilai Rp180 ribum untuk dapat menggunakan speed boat menuju Pulau Harapan. Fasilitas yang disuguhkan terbilang lengkap dan nyaman. Setiap penumpang juga akan dibekali pelampung. Jadwal keberangkatan speed boat ini dimulai dari pukul 08.00 WIB, dengan durasi perjalanan lebih dari satu setengah jam.

Menggunakan kapal dari Pelabuhan Sunda Kelapa

Alternatif selanjutnya Anda bisa menggunakan kapal dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Banyak wisatawan yang belum mengetahui opsi yang satu ini, karena mereka hanya terpaku pada pilihan transportasi di Marina Ancol dan Kali Adem.

Padahal, di Pelabuhan Sunda Kelapa juga ada pemberangkatan kapal menuju Pulau Seribu. Kapasitas kapal bahkan bisa menampung hingga 250 penumpang, dan dilengkapi beragam fasilitas pendukung. Tarifnya pun terbilang terjangkau. Anda cukup merogoh kocek senilai Rp15 ribu untuk menuju Pulau Harapan dentan menggunakan KM Nusantara 46.

Mengingat harga tiketnya sangat terjangkau, Anda harus bersabar karena durasi perjalanan bisa memakan waktu hingga lima jam. Datanglah di pagi hari agar Anda tidak kehabisan tiket.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini