Pelesiran Akhir Pekan, Cara Menuju Pulau Tidung dan Pulau Harapan

Mas Haidar, Jurnalis · Jum'at 28 Februari 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 28 406 2175651 pelesiran-akhir-pekan-cara-menuju-pulau-tidung-dan-pulau-harapan-aEFGBMu7xW.jpg Speed boat di Darmaga Marina Ancol. (Foto: Instagram/@boy_aulia)

KALAU bosan ke Monas atau Kota Tua, tak ada salahnya Anda pelesiran ke Kepulauan Seribu. Ada dua paling hits, yakni Pulau Tidung dan Pulau Pramuka.

Di Pulau Tidung dan Pulau Pramuka menawarkan suasana laut yang tenang, serta tiupan angin yang sepoi-sepoi. Kedua pulau ini dapat menjadi destinasi wisata pilihan akhir pekan.

Pulau yang terletak di gugusan Kepulauan Seribu ini lokaisnya tidak kauj dari ibu kota. Sehingga membuat akses menuju Pulau Pramuka dan Tidung tidaklah sulit.

Banyak pilihan transportasi yang bisa digunakan, yaitu berupa kapal kayu, kapal ferry dan speed boat. Tarif kapal untuk mengunjungi Pulau Tidung dan Pulau Pramuka jadi berbeda-beda.

Jika Anda bingung ingin kesana naik apa, jangan khawatir. Dilansir Okezone dari situs resmi Pemerintah Jakarta, berikut paparan singkat cara menuju Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Yuk simak!

Cara pertama

boat

Akses ke Pulau Pramuka dan Tidung sendiri tersebut memiliki lokasi keberangkatan yang berbeda-beda. Jika kamu ingin menaiki kapal tradisional atau kapal ferry, maka bisa menuju Pelabuhan Kaliadem. Letaknya ada di belakang Pasar Ikan Muara Angke, sedangkan jika ingin naik speed boat maka harus naik dari Dermaga Marina, Ancol.

Cara kedua

Untuk Anda yang mau menghemat uang, bisa menggunakan KM Indra, KM Kemala, KM Samudra Biru, KM Chabing Nusantara, KM Dewandra dan KM Bathara yang merupakan armada tahun 2018 dan dikelola oleh Dishub DKI Jakarta.

Untuk rute kapalnya meliputi Muara Angke, Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung. Dengan harga tiket sebesar Rp40 ribu per orang, ditambah peron Rp2.000 dan asuransi Rp2.000.

Cara ketiga

Ada dua kapal untuk rute Muara Angke, Pulau Lancang, Pulau Payung, Pulau Tidung. Harga tiketnya sebesar Rp50 ribu, ditambah peron Rp2.000 dan asuransi Rp2.000.

Tetapi muatan penumpang di dalamnya terbilang padat. Ketika di hari libur, kapasitas penumpang kadang-kadang bisa melebihi daya tampung kapal.

Oleh karena itu, untuk kenyamanan dan keselamatan, Anda bisa memilih tanggal keberangkatan yang bukan hari libur. untuk menghindari padatnya penumpang.

Cara keempat

Jika Anda ingin suasana yang lebih eksklusif, nyaman dan tidak mau berdesak-desakan dengan orang-orang, Anda bisa memilih untuk menggunakan speed boat. Letaknya di Dermaga Marina Ancol. Tarif menggunakan speedboat lebih mahal dari kapal ferry yaitu sekira Rp140 ribu.

Tapi dengan speed boat, waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke Pulau Pramuka bisa lebih cepat, dibandingkan menggunakan kapal-kapal bertarif ekonomis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini