2 Orang Positif Korona COVID-19, Pemerintah Akan Perketat Pengawasan di Bandara

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 02 Maret 2020 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 02 406 2177031 2-orang-positif-korona-covid-19-pemerintah-akan-perketat-pengawasan-di-bandara-SVeFUL5rS1.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

PEMERINTAH resmi mengumumkan bahwa Indonesia terdapat kasus pertama virus korona/Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Oleh karena itu, pemerintah semakin memperketat pintu masuk negara.

Sejumlah upaya telah dilakukan pemerintah dalam menghadapi virus korona/COVID-19. Termasuk pemantauan ketat di bandara dan pelabuhan.

korona

"Penguatan juga tetap dilakukan, di bandara tetap kita awasi, kita waspadai," kata Menkes Terawan, ditemui di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Senin (2/3/2020).

Menkes Terawan menambahkan, seandainya ada penumpang yang terpapar virus korona COVID-19, tidak mudah langsung dideteksi saat tiba. Sebab gejala virus korona/COVID-19 ini memiliki masa inkubasi.

"Kan ini memang kasus yang tidak kelihatan, kecuali dia batuk dan demam kan ketahuan. Kalau tidak ada gejala itu, bagaimana bisa ketahuan," ucapnya.

Menkes Terawan mengimbau, saat kondisi menurun, misalnya batuk, pilek, panas atau curiga dengan gejala COVID-19, masyarakat harus segara ke fasilitas kesehatan atau rumah sakit. Termasuk ketika seseorang usai bepergian dan harus melewati bandara atau pelabuhan.

"Jadi kita selalu meningkatkan kewaspasaan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini