Takut ke Luar Negeri? 5 Tempat Wisata Anti-Mainstream Ini Bisa Jadi Pilihan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 04 Maret 2020 21:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 04 406 2178247 takut-ke-luar-negeri-5-tempat-wisata-anti-mainstream-ini-bisa-jadi-pilihan-qjqqwRC7Vs.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WABAH virus korona (CVOID-19) sedang melanda dunia sejak ditemukan pada akhir tahun 2019. Virus ini menyebar dengan cepat ke berbagai negara seperti Singapura, Thailand, Korea Selatan, Jepang, dan Italia, yang kerap menjadi destinasi liburan.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, pasti bingung menentukan tempat wisata atau bahkan mengurungkan niat berlibur. Apalagi, wabah virus korona sudah mulai memasuki wilayah Indonesia.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda menahan diri untuk bepergian ke negara-negara berisiko maupun berlibur ke tempat wisata di dalam negeri yang ramai dikunjungi wisatawan mancanegara. Kabar baiknya, Indonesia memiliki segudang destinasi wisata alternatif anti mainstream yang tak kalah menarik di dalam negeri untuk dijelajahi.

Nah, berikut beberapa destinasi wisata dalam negeri dan rekomendasi penginapan dari RedDoorz yang bisa Anda temukan di daerah tujuan wisata yang anti mainstream! Seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Rabu (4/3/2020).

Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak merupakan kota yang sangat cocok bagi Anda yang suka berburu kuliner khas daerah. Kota ini menyimpan berbagai menu makanan unik yang wajib dicoba. Salah satunya adalah Ce Hun Tiaw, jajanan es campur ala Pontianak yang khas, disajikan bersama sagu potong yang dicampur dengan kacang merah, ketan hitam, mutiara, dan bongko (ati pari).

Kudapan lain yang wajib Anda cicipi selama di berlibur di kota Khatulistiwa ini adalah es krim Angi. Keunikan es krim ini terletak pada penyajiannya yang disuguhkan pada batok kelapa. Jangan lupa mencicipi secangkir kopi legenda Koh Asiang yang dibuat dengan metode Hainan, ditarik-ulur hingga berbuih.

mencicipi secangkir kopi legenda Koh Asiang yang dibuat dengan metode Hainan, ditarik-ulur hingga berbuih.

Kebumen, Jawa Tengah

Pernah dengar tempat wisata bernama Benteng Van Der Wijck? Terdengar seperti di Belanda ya. Eits, tunggu dulu, Benteng Van Der Wijck ini merupakan salah satu destinasi wisata yang berada sekitar 19 kilometer dari pusat kota Kebumen.

Benteng peninggalan kolonial Belanda yang unik ini menjadi daya tarik sendiri untuk para traveler jika mereka mengunjungi Kebumen. Tak hanya itu, mau main air di pantai? Kebumen juga terkenal dengan Pantai Menganti-nya yang sangat indah dan memiliki air yang jernih.

Memiliki pasir putih dan dikelilingi bukit serta tebing alam yang hijau, membuat Pantai Menganti wajib dikunjungi jika singgah di Kebumen.

Banyuwangi, Jawa Timur

Mau merasakan berkeliling savana layaknya di Afrika? Tidak perlu jauh-jauh ke Afrika, karena Indonesia punya Taman Nasional Baluran yang letaknya di Banyuwangi, Jawa Timur. Bahkan tempat ini memiliki julukan “Little Africa in Java”, karena tampilannya mirip seperti pemandangan savana yang ada di Afrika.

Kawasan dengan luas sekitar 25.000 hektar ini digunakan khusus untuk melindungi berbagai macam ekosistem flora dan fauna. Belum ke Banyuwangi namanya kalau belum menginjakkan kaki di Taman Nasional Baluran. Ada satu hal lagi yang seru dari Banyuwangi, tiap tahunnya terdapat karnaval tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Banyuwangi yaitu ‘Banyuwangi Ethno Carnival’.

Festival tahunan yang memamerkan busana-busana menarik ini berparade dengan melalui rute sepanjang kurang lebih dua kilometer, dimulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi.

dimulai dari Taman Blambangan hingga Kantor Bupati Banyuwangi.

Sabang, Aceh

Yuk liburan habiskan sisa cuti Anda dengan mengunjungi tempat wisata paling barat Indonesia, yaitu Sabang. Salah satu kota terujung yang terletak di Pulau Weh ini, mempunyai banyak sekali objek wisata bahari yang pesonanya sangat memikat. Di antaranya terdapat pantai Iboih yang menjadi tujuan utama di Sabang.

Pantai ini mempunyai ombak yang tenang yang dapat menenangkan pikiran dari padatnya rutinitas. Jangan lewatkan pula kesempatan untuk melihat tempat yang dulunya menjadi sarang burung walet, yaitu Gua Sarang. Di sini, Anda bisa berenang di lautan yang mempunyai air yang jernih.

Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Pesona Nusantara wilayah timur memang tidak perlu diragukan. Selain wisata laut, kamu pun bisa menemukan kearifan lokal masyarakat Indonesia timur dengan budayanya yang kuat dibalut nuansa mistik khas Tana Toraja.

Salah satu destinasi wisata Toraja Utara yang tidak boleh dilewatkan adalah Desa Kete Kesu, kompleks rumah adat Tana Toraja, yang dikenal juga dengan nama Tongkonan.

Berlokasi di kawasan perbukitan dan persawahan yang cantik, rumah adat ini merupakan persemayaman mayat sebelum akhirnya dikebumikan. Jika Anda sudah singgah di Tana Toraja, rasanya tidak sah kalau belum menyempatkan diri ke Wisata Londa, kompleks kuburan yang berada di tebing batu besar yang dikelilingi pegunungan.

Penempatan mayat di kawasan ini tidak bisa sembarangan karena konon perlu disesuaikan dengan garis keluarga.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini