Promosikan Pariwisata di Tengah Wabah COVID-19, Kemenparekraf Gencarkan MICE

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 06 Maret 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 06 406 2179414 promosikan-pariwisata-indonesia-kemenparekraf-libatkan-influencer-ybTT0f8xWg.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

PEMBERIAN insentif sebesar Rp72 miliar untuk menggaet wisatawan di tengah merebaknya virus korona/COVID-19, ditunda oleh pemerintah. Namun, ada alternatif lainnya yang tengah dipersiapkan agar destinasi wisata di Tanah Air tetap ramai.

Seperti diketahui, guna mendorong pergerakkan wisatawan domestik dan mancanegara, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), awalnya berencana mengucurkan dana sebesar Rp72 miliar untuk influencer.

pariwisata

Dana yang diambil dari APBN ini, nantinya akan diberikan kepada sejumlah influencer dari berbagai negara, untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, yang menurun akibat wabah virus korona/COVID-19.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizky Handayani, mengatakan, Kemenparekraf dan beberapa lembaga terkait, berencana melakukan product development di dalam negeri. Hal ini terkait pengembangan destinasi dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

"Mumpung lagi tidak terlampau sibuk urus market, ayo kita konsolidasi di dalam negeri," ucap Rizky ditemui di Jakarta, Jumat (6/3/2020).

Strategi yang sudah terpikirkan, kata Rizky, bisa dengan melakukan rapat-rapat bersama asosiasi, terkait Meeting, Insentive, Conference, Event (MICE), rapat dengan asoiasi profesi, dan kementerian-kementerian terkait.

"Koordinasi dan kolaborasi yang biasanya tidak ada waktu. Sekarang mumpung lagi sepi order, kita bisa bikin rencana kita mau ketemu sama siapa aja, dan mau bikin program apa," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini