Raja Belanda Serahkan Keris Pangeran Diponegoro ke Presiden Jokowi, Intip Sejarahnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 11 Maret 2020 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 11 406 2181846 raja-belanda-serahkan-keris-pangeran-diponegoro-kepada-presiden-jokowi-intip-sejarahnya-A7VoueL5se.jpg Keris Pangeran Diponegoro (Foto : @pramonoanunqw/Instagram)

Setelah nyaris dua abad tersimpan di Museum Volkenkunde, Leiden, Belanda, pusaka sakti kesayangan Pangeran Diponegoro akhirnya kembali ke Indonesia. Penyerahan keris yang diketahui bernama Naga Siluman ini langsung dilakukan oleh Raja Willem Alexander kepada Presiden Joko Widodo, di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa 10 Maret 2020.

Berdasarkan penuturan Kepala Museum Nasional, Drs. Siswanto, MA, keris Pangeran Diponegoro rencananya akan disimpan di Museum Nasional bersama benda pusaka miliknya yang lain.

"Memang akan disimpan di Museum Nasional, tapi saat ini kami masih melakukan pengecekan dan pengamanan sesuai dengan standar operasional yang berlaku," terangnya saat dihubungi Okezone via sambungan telfon, Rabu (11/3/2020).

Lebih lanjut Siswanto menjelaskan, pihaknya dalam waktu dekat ini juga tengah melakukan persiapan untuk menggelar pameran benda-benda pusaka milik Pangeran Diponegoro di Monumen Nasional. Pada awalnya, pameran ini akan diselenggarakan pada akhir Maret nanti.

Keris Pangeran Diponegoro

(Foto : @pramonoanunqw/Instagram)

Namun, karena satu dan lain hal, tim kurator meminta perpanjangan waktu. Rencananya pameran akan digelar pada bulan April mendatang.

"Idealnya sih memang tanggal 28 Maret. Tapi tim kurator mau menyiapkan persiapan yang lebih matang, termasuk menyiapkan narasi dan hal-hal penting lainnya," ujar Siswanto.

Dengan kembalinya Keris Naga Siluman, jumlah pusaka Pangeran Diponegoro yang tersimpan di Monumen Nasional pun resmi bertambah. Kendati demikian, Siswanto mengatakan bahwa ada satu lagi benda milik Pangeran Diponegoro yang masih tertahan di Belanda.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini