Sambangi Danau Toba, Kerajaan Belanda Komitmen Bantu Kembangkan Pariwisata Indonesia

Jum'at 13 Maret 2020 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 13 406 2182807 sambangi-danau-toba-kerajaan-belanda-komitmen-bantu-kembangkan-pariwisata-indonesia-Y4aX24czll.jpg Raja dan Ratu Belanda kunjungi Danau Toba (Foto : @marieclairerusia)

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Kerajaan Belanda mengunjungi kawasan Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut), Kamis 12 Maret 2020. Kedatangan Raja dan Ratu Belanda diharapkan mampu mendongkrak pariwisata di kawasan Danau Toba.

Dikutip Voa Indonesia, Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Kerajaan Belanda telah menyampaikan komitmennya untuk ikut mengembangkan pariwisata Indonesia.

“Saya tadi minta kepada Raja Willem untuk membantu kami dengan mengirimkan beberapa praktisi pariwisatanya untuk melatih kita mengembangkan spot-spot pariwisata di sini. Tidak perlu bantuan finansial, tapi kami perlu ahli-ahli di bidang pariwisata untuk melatih para kaum muda di sini mengembangkan sektor ini dalam hal kebersihan. Mendidik mereka dalam melayani wisatawan, dan membuat sebuah tempat menjadi lebih menarik untuk wisatawan,” kata Luhut.

Danau Toba

Dalam perbincangan Luhut dengan Raja Willem tercetus ide untuk membuka penerbangan langsung dari Amsterdam ke Medan. Ide itu dinilai akan berdampak positif dalam mendatangkan wisatawan dari Negeri Kincir Angin tersebut ke Indonesia terutama kawasan Danau Toba.

"Sehingga para wisatawan bisa melanjutkan perjalanannya ke mana lagi. Karena mereka pernah tinggal lama di sini pada masa penjajahan, wilayah yang bersih, pemerintah setempat punya keinginan yang besar untuk membangun. Dan satu lagi, mereka senang dengan Presiden Joko Widodo," ungkap Luhut.

Dalam kunjungan seharinya di kawasan Danau Toba, pasangan kerajaan berkesempatan menikmati pemandangan Danau Toba dari Bukit Singgolom. Lalu, meninjau Desa Adat di Dusun Siambat Dalan Kabupaten Toba, Eco Village Tourism di Silima Lombu, Kabupaten Samosir. Kemudian Parapat, Kabupaten Simalungun sebelum meninggalkan Indonesia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini