Dampak Corona COVID-19, Nusa Lembongan Bali Karantina para Tamu

Kamis 09 April 2020 07:43 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 08 406 2196284 dampak-corona-covid-19-nusa-lembongan-bali-karantina-para-tamu-XoRvz9pNIu.jpg Ilustrasi. (Foto: Instagram/@thelembongantraveller)

NUSA Lembongan di Bali jadi salah satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Namun akibat dari wabah corona COVID-19, wisatawan jadi sepi dan diperketat.

Ketua PHRI Klungkung Wayan Karyana mengatakan, memang masih ada beberapa wisatawan dari Australia dan Tiongkok yang menetap. Tetapi, mereka sudah datang ke Lembongan jauh-jauh hari, sebelum adanya wabah corona COVID-19, tepatnya sejak awal Desember 2019.

nusa

Mereka juga punya usaha. Historinya sudah diketahui lengkap pihak desa. Karena Lembongan pun menerapkan sikap sangat selektif.

“Perbekel kami di Lembongan aktif sekali mendata mereka. Setiap wisatawan yang masih tinggal di Lembongan, sudah semua terdata. Pendatang juga tidak bisa masuk sembarangan,” kata Wayan dilansir Okezone dari Balipost.

Lembongan juga menerapkan seleksi ketat untuk penduduk yang baru datang. Apalagi orang luar Lembongan ada protapnya, seperti layaknya orang dalam pemantauan (ODP).

Pertama harus lapor ke desa, menjalani pemeriksaan di Puskesmas Nusa Penida II dan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Bahkan, ada tamu yang punya proyek langsung dipulangkan.

Itu karena tamu ini sempat pergi ke Denpasar. Saat mengecek proyek ke Lembongan, hanya diberikan sehari, tidak diizinkan untuk menginap di Lembongan lagi.

Bahkan, beberapa hari lalu, ada sekira 20 orang buruh dari Jember dipulangkan. Sebab, mereka sudah dicegat di Sanur, tetapi berusaha masuk ke Lembongan melalui Kusamba.

Saat sampai di Jembatan Kuning, mereka akhirnya langsung dipulangkan. Saat ini untuk rute ke Lembongan, hanya ada tiga jasa boat yang masih beroperasi untuk melayani penyeberangan warga lokal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini