Empat Kuil Bersejarah yang Wajib Dikunjungi di Tokyo, Nomor 4 Penuh Kontroversi

Dada Sathilla, Jurnalis · Minggu 19 April 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 19 406 2201558 empat-kuil-bersejarah-yang-wajib-dikunjungi-di-tokyo-nomor-4-penuh-kontroversi-EVovHYe4UZ.jpg

Salah satu alasan kenapa para traveler sering ketagihan untuk kembali mengunjungi Tokyo adalah karena ibu kota Jepang ini memiliki semuanya.

Tokyo bukan hanya kota modern yang dipenuhi skyscrapers, shopping mall, serta pusat budaya pop Jepang tapi juga memiliki banyak tempat wisata tradisional, seperti kuil Shinto dan Buddha.

Kalau Anda tertarik untuk mengeksplor budaya tradisional Jepang tapi tak punya banyak waktu untuk jalan-jalan ke Kyoto, Anda bisa kok mengeksplor kuil-kuil di Tokyo. Baik kuil Shinto maupun Buddha di Tokyo berada dalam kondisi yang terawat dan masih aktif digunakan untuk berdoa. Di hari-hari tertentu festival digelar di komplek kuil. Berikut kuil-kuil yang worth untuk dikunjungi di Tokyo :

1. Kuil Sensoji

Kuil sensoji di Jepang

Kuil tertua sekaligus paling terkenal di Jepang yang wajib Anda kunjungi saat jalan-jalan ke Tokyo. Kuil Sensoji adalah kuil Buddha yang didedikasikan bagi Kannon, dewi belas kasih. Telah hadir sejak 1400 lalu, kuil Sensoji sempat hancur beberapa kali karena kebakaran, gempa bumi, dan terakhir karena pengeboman Tokyo pada perang dunia kedua.

Pasca perang, Sensoji kemudian dibangun ulang dan berdiri kokoh hingga saat ini. Sediakan waktu 1,5-2 jam untuk menjelajahi Sensoji karena setiap sudut kuil yang didominasi warna merah hitam ini menarik banget. Mulai dari Kaminarimon gate di luar, Hanzomon gate, main hall, sampai pagoda 5 lantai sedap dipandang.

Di antara Kaminarimon dan Hanzomon gate ada Nakamise street, sebuah jalan yang dipenuhi kios suvenir dan street food. Disini anda membeli oleh-oleh sekaligus nyicip beberapa snack Jepang. Di sekitar Sensoji juga ada beberapa shopping street lainnya termasuk pusat oleh-oleh Don Quijote.

2. Kuil Hanazono

Kuil Hanazono di Tokyo

Salah satu kuil Shinto paling bersejarah di Jepang. Kuil ini dibangun oleh keluarga Hanazono saat periode Edo. Kuil ini berada di kawasan Kabukicho, distrik hiburan malam di Shinjuku, Tokyo, Jadi anda bisa sekalian mampir ke kuil ini setelah jalan-jalan ke sekitar Kabukicho.

3. Kuil Meiji

Kuil yang berada persis di belakang stasiun Harajuku ini didedikasikan untuk roh kaisar Meiji dan permaisuri Shoken. Dibangun pada 1920, kuil Meiji sempat hancur saat perang dunia kedua namun segera dibangun sesaat setelah perang usai.

Kuil Meiji adalah salah satu kuil paling populer di Jepang. Pada hari pertama tahun baru, kuil Meiji dikunjungi oleh lebih dari 3 juta pengunjung yang datang untuk melakukan doa pertama di tahun baru (hatsumode). Di sini anda bisa ikut berdoa, mengambil ramalan (omikuji) dan juga membeli jimat.

Kuil Meiji berada di tengah hutan kota yang rimbun dan sangat teduh. Sempatkanlah jalan-jalan disini karena suasananya tenang banget. Anda juga bisa jalan-jalan ke Yoyogi park yang berada tepat di sebelah kuil Meiji.

4. Kuil Yasukuni

Kuil Shinto yang berada di Chiyoda, Tokyo ini dibangun oleh kaisar Meiji pada Juni 1869 untuk memperingati tentara Jepang yang gugur dalam perang di berbagai era, mulai dari perang Boshin hingga perang dunia kedua, termasuk mereka yang dianggap sebagai penjahat perang.

Kuil ini menjadi sangat terkenal karena menciptakan kontroversi yang dimulai dengan kunjungan pemerintah Jepang ke kuil Yasukuni. Beberapa negara tetangga yang pernah dijajah oleh Jepang seperti Korea selatan, Korea Utara, dan Tiongkok menganggapnya sebagai bukti tidak menyesalnya Jepang atas apa yang mereka lakukan pada perang dunia kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini