Disneyland Shanghai Dibuka Kembali, Bagaimana Nasib Taman Hiburan Lain?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 11 Mei 2020 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 11 406 2212061 disneyland-shanghai-dibuka-kembali-bagaimana-nasib-taman-hiburan-lain-Fn0ssy7rIU.jpg Universal Studio Dirumorkan kembali buka Juni (Foto : Travelingmom)

Pada Maret lalu, seluruh Disneyland di seluruh dunia memutuskan untuk tutup sementara demi mencegah penyebaran pandemi virus corona atau COVID-19. Namun di pertengahan Mei ini, Disneyland Shanghai secara resmi dibuka kembali untuk umum.

Kabar tersebut pertama kali disampaikan oleh Bob Chapek, selaku Chief Executive Officer The Walt Disney Company, kepada Travel + Leisure, Rabu pekan lalu.

"Kami tahu, bagaimana para wisatawan sangat menantikan Disneyland Shanghai dibuka kembali. Dan tim kami juga bersemangat untuk menyambut mereka. Disneyland Shanghai akan di buka kembali pada 11 Mei (hari ini) dengan peraturan dan prosedur keamanan terbaru," ungkap Bob Chapek.

Meski masih menyisakan sejumlah kekhawatiran, kabar ini sejatinya membawa angin segar bagi para pelaku pariwisata di dunia. Bukan tanpa alasan. Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, pariwisata memang menjadi salah satu sektor yang paling terdampak. Termasuk pada bisnis taman hiburan.

Disneyland Shanghai

Menurut data yang dirilis oleh Grandviewresearch pada 2017 lalu, angka investasi di sektor ini secara global bernilai 45.2 miliar USD. Ironisnya, kala itu Grand View juga memproyeksikan bahwa tingkat pertumbuhan rata-rata investasi (CAGR) pada bisnis taman hiburan akan meningkat 6% dalam tiga tahun ke depan.

Sudah jelas, perkiraan itu harus direvisi kembali mengingat pandemi COVID-19 juga berimbas pada sektor bisnis tersebut. Bahkan, sampai detik ini, pihak Disneyland pusat belum dapat memastikan kapankah cabang-cabang mereka selain Disneyland Shanghai akan dibuka. Namun, Bob Chapek menegaskan bahwa pihaknya telah merencanakan proses pembukaan secara bertahap.

Dimulai dengan Disney Springs di Florida. Kompleks perbelanjaan, makanan, dan hiburan ini akan kembali beroperasi pada 20 Mei mendatang. Sayangnya, sejumlah pengamat memprediksi sebagian besar taman hiburan baru akan beroperasi kembali pada tahun 2021 mendatang.

Sementara itu, taman hiburan Universal Studios yang merupakan anak perusahaan dari Comcast, hingga saat ini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan dibuka. Rumor terakhir yang beredar, Universal Studio mulai beroperasi pada Juni mendatang.

Universal Studio

Justru dengan dibukanya Disneyland Shanghai, para pelaku bisnis taman hiburan memanfaatkan momentum ini untuk mengobservasi apakah keputusan tersebut sudah tepat, atau justru memicu penyebaran COVID-19 yang lebih luas.

Perlu diketahui, pembukaan Disneyland Shanghai hari ini juga tidak terlepas dari penerapan prosedur keamanan terbaru yang direkomendasikan oleh pemerintah China.

Mengutip situs resmi Disneyland Shanghai, pihak pengelola akan melakukan pembatasan jumlah pengunjung dengan sistem reservasi tiket yang lebih ketat.

Selain itu, pengunjung juga diminta untuk melakukan jarak sosial dalam antrian, restoran, kendaraan, dan fasilitas lainnya. Di samping itu, akan dilakukan peningkatan frekuensi terkait penggunaan sanitasi dan disinfeksi di seluruh area bermain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini