Ini 4 Permainan dan Olahraga Salju Selain Ski yang Bisa Kamu Coba

Dada Sathilla, Jurnalis · Rabu 13 Mei 2020 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 13 406 2213519 ini-4-permainan-dan-olahraga-salju-selain-ski-yang-bisa-kamu-coba-8fDN8ASk0w.jpg Bermain salju (Foto: Pixabay)

Hal yang selalu dirindukan orang Indonesia saat traveling ke luar negeri adalah permaiman dan olahraga salju. Ini bisa dimaklumi karena salju tak pernah turun di negara tropis seperti Indonesia.

Makanya tak jarang, traveler Indonesia sengaja liburan keluar negeri demi olahraga salju. Olaraga dan permainan musim dingin tak cuma bisa dilakukan dengan bermain ski di ski resort.

Ada juga permainan dan olahraga salju lainnya yang sama menyenangkannya dan bisa kamu lakukan bersama keluarga atau teman-teman saat berlibur ke negara empat musim.

1. Cross country skiing

 olahraga salju

Cross country skiing sebenarnya sama dengan bermain ski di bukit di resor ski. Hanya bedanya, cross- country skiing dilakukan di tanah datar sehingga lebih sulit dan menguras tenaga. Tapi artinya kamu juga akan membakar lebih banyak kalori. Kelebihan lainnya dari olahraga ini, tak harus dimainkan di ski resort, tapi bisa di mana saja asalkan ada tanah lapang yang luas seperti hutan, kebun, dan taman nasional.

Hal yang perlu diperhatikan lainnya terutama bila kamu pemula adalah kamu mesti membiasakan diri memakai peralatan ski yang terdiri dari sepatu boot khusus ski, alat ski, dan tongkat ski. Selain itu, kamu juga mesti memakai pakaian musim dingin yang ketebalan dan variannya tergantung dengan temperatur lokasi tujuan anda. Misalnya di Michigan, Amerika Serikat temperatur saat musim dingin mencapai -14 derajat Celcius sehingga perlu memakai pakaian yang berlapis-lapis yang terdiri dari heattech atau baju dalam turtle neck, sweater, coat, legging, celana dan beberapa asesoris seperti syal, ear muff, topi, dan mitten atau sarung tangan ekstra tebal.

2. Snowshoeing

 olahraga salju

Aktivitas musim dingin yang lebih ringan adalah snowshoeing. Kamu berjalan di atas permukaan salju yang tebal dengan menggunakan sepatu khusus salju. Olahraga ini bisa dilakukan di tanah datar maupun bukit. Kelihatannya mudah, tapi kalau kamu membuka jalur baru maka showshoeing akan terasa lebih berat.

3. Toboggan

 olahraga salju

Rekreasi musim dingin di mana para pemain meluncur dari ketinggian dengan menggunakan kereta kayu. Hal yang seru dari permainan ini adalah saat meluncur ke bawah, kamu akan menabrak tumpukan salju. Asyik banget deh! Toboggan bisa dimainkan oleh 2-5 orang dengan menyewa papan toboggan.

4. Sledding

 sledding

Rekreasi musim dingin yang paling ringan dan mudah. Sledding berarti meluncur di atas salju dengan menggunakan papan sledding atau ban. Permainan ini menjadi favorit anak-anak karena mudah dan seru. Kamu bisa bermain sledding di resor ski atau di tanah berbukit. hal yang diperlukan hanya papan sledding yang terbuat dari plastik atau kayu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini