Hana dan Tino Ragunan Curi Perhatian, Ini 6 Fakta Harimau Sumatera

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 17 Mei 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 17 406 2215432 hana-dan-tino-ragunan-curi-perhatian-ini-6-fakta-harimau-sumatera-mxpZTLC57J.jpg Harimau Sumatera Kebun Binatang Ragunan (Foto : @jakarta_tourism/Instagram)

Kebun Binatang Ragunan baru saja menggelar wisata virtual bersama dua Harimau Sumatera, Hana dan Tino. Kegiatan ini disiarkan secara langsung melalui akun Instagram resmi mereka @ragunanzoo.

Selain melihat aksi dan tingkah laku Hana dan Tino yang menggemaskan, sepanjang kegiatan tersebut, pihak pengelola juga sempat membagikan sejumlah fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Jadi penasarankan? Berikut Okezone rangkumkan ulasannya.

Nyaris punah

Harimau sumatera adalah salah satu dari 6 jenis harimau dan sub spesies terkecil di dunia yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Sayangnya, populasi Harimau Sumatera sudah memasuki kategori terancam punah. Data terakhir yang dikeluarkan Taman Margasatwa Ragunan, jumlah Harimau Sumatera di Indonesia hanya tersisa sekitar 400-600 ekor saja. Rasanya terdengar miris, mengingat wilayah Pulau Sumater begitu luas.

Harimau Sumatera sangat aktif

Harimau Sumatera

(Foto : @ragunanzoo/Instagram)

Dibandingkan satwa lainnya, Harimau Sumatera termasuk satwa yang sangat aktif. Bisa dilihat dari tingkah laku Hana dan Tino yang baru saja tampil dalam wisata virtual di akun Instagram Kebun Binatang Ragunan. Sepanjang siaran, kedua harimau tersebut tampak asyik berlari-lari, sembari sesekali memanjat pohon, melompat tinggi, dan berenang di kolam. Lucu banget!

Makanan yang bervariasi

Untuk menjaga kondisi tubuh mereka, Harimau Sumatera mendapat pasokan makanan sekira 4-6 kg per hari tergantung usia dan jenis kelaminnya. Makanan yang disajikan pun cukup bervariasi demi menjaga nafsu makan mereka.

Mulai dari daging ayam, kambing, sapi, dan daging babi. Fakta menarik lainnya, dalam kurun waktu satu minggu, mereka juga harus berpuasa selama satu hari lho, Okezoners! Hal ini dilakukan untuk menjaga berat badan yang ideal, sehingga mereka tidak obesitas.

Hobi berendam

Suhu tubuh Harimau Sumatera terbilang tinggi. Bila cuaca sedang panas-panasnya, mereka akan berendam di kolam sembari menjulurkan lidahnya. Durasi berendam terbilang lama berkisar 10-30 menit, tergantung cuaca pada saat itu.

Harimau Sumatera

(Foto : @ragunanzoo/Instagram)

COVID-19 memengaruhi tingkah laku Harimau Sumatera di Ragunan

Pandemi COVID-19 ternyata memengaruhi tingkah laku Harimau Sumatera di Ragunan lho, Okezoners! Menurut penuturan pihak pengelola, sejak diterapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), Harimau Sumatera di Ragunan cenderung lebih nyaman dan lebih aktif dari biasanya. Karena pada dasarnya, di alam bebas mereka lebih suka menghindari manusia dan lebih pasif.

Usia Harimau Sumatera

Harimau Sumatera dilaporkan dapat bertahan hidup hingga 15-20 tahun di alam liar. Sementara di kawasan penangkaran, usia mereka bisa sampai 25 tahun. Oleh karena itu, yuk sama-sama menjaga populasi mereka agar tidak punah!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini