Takut Melancong karena Corona, Simak Nih Tips Jalan-Jalan Virtual

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Mei 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 28 406 2220914 takut-melancong-karena-corona-simak-nih-tips-jalan-jalan-virtual-V93bfv8G0A.jpg Ilustrasi. (Freepik)

PANDEMI corona jadi salah satu ujian paling berat bagi para traveler. Jika biasanya kamu berlibur ke banyak tempat, saat pandemi corona terjadi hasrat liburan pun sementara waktu harus dihentikan.

Saat situasi pandemi Covid-19, membuat banyak jadwal penerbangan dan jadwal liburan yang sudah disusun jauh-jauh hari, juga harus dibatalkan atau ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Tapi di satu sisi, sudah cukup lama karantina mandiri di rumah membuat nafsu ingin traveling sebagian orang makin tinggi.

Semakin banyak waktu di rumah, maka kamu bisa tak sabar ingin segera traveling. Tetapi pada kenyataannya, sejauh ini traveling liburan ke berbagai tempat belum bisa dilakukan. 

Tenang, meski tak bisa traveling liburan langsung karena pandemi corona. Kita tetap bisa membuat rencana liburan virtual. Apa saja yang harus disiapkan, bagaimana caranya? Temukan jawabannya dalam ulasan 7 cara liburan virtual di bawah ini, seperti dikutip Usatoday, Kamis (28/5/2020).

On board

virtual

Siap-siap on board bukan terbang dengan pesawat tentunya. Tapi seolah-seolah ‘terbang’, dengan cara mencetak sendiri tiket pesawat di rumah. Contoh desainnya bisa dilihat dari tiket asli penerbangan sebelumnya, tinggal diedit dengan aplikasi photoshop. Agar lebih spesial dan terasa seperti berada di airport sungguhan, kamu bisa keliling di dalam rumah sambil menjinjing koper dan menenteng paspor, serta tiket pesawat imitasi tersebut lalu duduk di depan kaca tabung mesin cuci, yang sekilas tampak seperti jendela pesawat.

Setel musik dan backdrop

Membayangkan musim panas di Paris, bersantai di depan Menara Eiffel atau tempat-tempat wisata lainnya tak akan lengkap tanpa iringan latar belakang musik yang pas. Menghadirkan suasana ini secara virtual di dalam rumah, kamu bisa bersantai telentang di ruang televisi dengan latar belakang gambar pemandangan yang dikehendaki, terpampang di layar monitor atau televisi terkoneksi dari gambar yang diambil dari internet seperti Youtube atau Pinterest. Jangan lupa setel lagu atau musik instrumental yang pas ya!

Order makanan

order makanan

Musik dan latar pemandangan sudah siap, buat suasana liburan virtual semakin terasa dengan menghadirkan makanan khas dari negara atau daerah yang ingin didatangi. Liburan ke Italia? Pesan makanan Italia dari restoran favorit, liburan ke Yogyakarta? Masak hidangan khas Jawa Tengah, contohnya nasi gandul, garang asem, atau soto Kudus.

Ikut tur virtual museum

Jika malas membuat setting liburan di rumah, ikut tur virtual museum bisa jadi pilihan pas. Masa pandemi corona membuat begitu banyak museum menyediakan program tur museum secara online, kurang lebih 2.500 museum dan galeri di berbagai penjuru dunia menghadirkan program tur museum secara virtual. Menarik, mudah, dan tak perlu ribet kan!

Buat ulang rundown perjalanan

Re-create salah satu aktivitas yang ada di jadwal liburan, contohnya piknik bisa kita lakukan di rumah loh! Jika punya halaman atau kebun belakang, kita bisa memanfaatkan lahan tersebut jadi lokasi piknik.

Unggah di media sosial

medsos

Terakhir, jangan lupa untuk membagikan sensasi pengalaman liburan virtualmu pada keluarga dan para sahabat. Caranya dengan mengunggah foto-foto dan video liburan tersebut di media sosial. Traveling virtual di rumah saja tak jadi alasan yang menghalangi untuk pamer foto dan video di Instagram kan? Justru dengan mengunggah foto-foto dan video traveling virtual ini bisa jadi memori yang tersimpan, yang suatu saat bisa mengingatkan kita bahwa kita pernah merasakan langsung dan melewati masa-masa krisis menakutkan seperti saat ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini