Liburan ke Taiwan Tanpa Visa? Bisa Banget Dong

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 406 2221948 liburan-ke-taiwan-tanpa-visa-bisa-banget-dong-dBV5M32jtX.jpeg Taiwan. (Foto: Istimewa)

ANDA sudah tidak sabar ingin segera liburan ke luar negeri setelah pandemi virus corona (covid-19) berakhir? Negara yang paling mudah dikunjungi warga negara Indonesia (WNI) tentunya yang tidak mengharuskan memiliki visa.

Salah satunya adalah Taiwan. Dengan beberapa syarat, Anda bisa jalan-jalan ke Taiwan tanpa perlu menggunakan visa.

Pasar Malam Huaxi di Taiwan. (Foto: Istimewa)

Jalan-jalan tanpa visa ke Taiwan bisa dilakukan bila Anda pernah memiliki visa atau izin tinggal dari Amerika Serikat, Jepang, Korea Selatan, Australia, New Zealand, atau Uni Eropa (visa Schengen).

Visanya sudah tidak berlaku pun tak masalah. Jika Anda memiliki salah satu visa dari negara-negara ini maka berhak apply Travel Authorization Certificate (TAC) secara online di https://niaspeedy.immigration.gov.tw/nia_southeast/languageAction!showForm

Anda tinggal mengisi data diri di formulir dengan mengikuti petunjuk yang tertulis di website. Prosesnya sangat mudah dan bisa selesai dalm waktu 5 menit.

TAC akan disetujui dalam waktu 1 menit setelah Anda selesai mengisi formulir. Melalui TAC, Anda bisa mengunjungi Taiwan selama 14 hari.

TAC wajib dicetak dan dibawa bersama paspor. Petugas check-in di bandara akan memeriksa TAC beserta visa negara lain yang Anda punya yang digunakan untuk apply TAC. Begitu pula saat mendarat di Taiwan, petugas imigrasi akan memeriksanya lagi.

Pasar Malam Shilin di Taiwan. (Foto: Istimewa)

Bagaimana kalau ingin liburan ke Taiwan tapi belum pernah punya visa dari negara-negara tersebut? Ya artinya Anda mesti apply visa Taiwan ke Taipei Economic and Trade Office (TETO) di Jakarta.

Pastikan masa berlaku paspor lebih dari enam bulan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini