Jiufen, Kota di Taiwan Versi Nyata dari Film Ghibli 'Spirited Away'

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 406 2222110 jiufen-kota-di-taiwan-versi-nyata-dari-film-ghibli-spirited-away-4YvPcbsnV7.jpeg Kota Jiufen di Taiwan. (Foto: Istimewa)

SIAPA sangka kalau sebuah film animasi peraih Piala Oscar dibuat karena terinspirasi dari sebuah kota kecil di Taiwan? Film buatan Studio Ghibli 'Spirited Away' berhasil memborong Academy Award 2003 untuk kategori Best Animated Feature.

Kota yang dikabarkan menjadi sumber inspirasi, Jiufen, kemudian menjadi sangat terkenal dan selalu penuh sesak dengan turis yang penasaran, bahkan hingga saat ini. Tapi benarkah Jiufen di Taiwan adalah kota versi dunia nyata dari film anime tersebut?

Kota Jiufen di Taiwan. (Foto: Istimewa)

Berada di kawasan pergunungan di Distrik Ruifang, New Taipei City, Jiufen adalah kota kecil yang terkenal di kalangan turis, terutama turis dari Jepang dan Korea Selatan.

Atraksi utama di kota ini adalah Jiufen Old Street, sebuah jalanan kecil atau gang yang berisi toko suvenir dan jajanan tradisional Taiwan, serta rumah-rumah minum teh.

Salah satu rumah teh di Jiufen, A-Mei Tea House, menjadi landmark yang paling terkenal dan sering muncul dalam brosur dan iklan wisata di sana.

Rumah kayu klasik Tiongkok yang dihiasi dengan banyak lampion berwarna merah ini menjadi sangat terkenal berkat kemiripannya dengan bath house, lokasi sentral dalam cerita Spirited Away.

Banyak turis menyesaki Jiufen Old Street dan mengunjungi A-Mei Tea House karena kedua tempat ini dinilai sebagai lokasi versi nyata dari film Spirited Away, selain untuk shopping dan menikmati teh tentunya.

Hal lain yang bisa dilakukan di Jiufen di antaranya wisata kuliner. Kuliner yang terkenal di sini adalah kedai dessert Ah Gan taro balls.

Ah Gan taro balls menjadi sangat terkenal karena taro balls-nya dinilai memiliki tekstur yang chewy, tidak keras tapi juga tak terlalu lunak. Kuliner lainnya yang juga terkenal di Jiufen adalah nasi babi rebus (lu rou fan) dan A-zhu peanut ice cream.

Kota Jiufen di Taiwan. (Foto: Istimewa)

Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi bekas tambang emas di Jiufen yang kini sudah diubah menjadi museum bijih emas. Sebelum terkenal sebagai kota versi dunia nyata Spirited Away, Jiufen dulunya memang dikenal sebagai distrik tambang emas sejak akhir masa dinasti Qing.

Kemudian pada masa pendudukan Jepang, Jiufen berkembang pesat sebagai kota tambang emas. Kini Jiufen terkenal sebagai kota wisata dan kota versi dunia nyata Spirited Away, meski sang kreator, Hayao Miyazaki, telah membantah bahwa ia terinspirasi Jiufen saat membuat film anime tersebut. Image Jiufen terlanjur melekat dengan filmnya.

Guna menuju Jiufen, Anda bisa naik MRT blue line ke Stasiun Zhongxiao Fuxing, keluar lewat exit 1, lalu naik bus 1062 tujuan Jiufen Old Street Station. Tiketnya NT$ 101 atau Rp51.627 per orang dan bisa dibayar dengan cash atau menggunakan Easy Card ke driver.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini