Jalan-Jalan ke Old Bazaar Skopje yang Terbesar dan Tertua di Balkan

Dada Sathilla, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 406 2222129 jalan-jalan-ke-old-bazaar-skopje-yang-terbesar-dan-tertua-di-balkan-t4Dooo5aSt.jpeg Old Bazaar Skopje di Macedonia Utara. (Foto: Istimewa)

WARISAN budaya Turki yang kental dengan nuansa Islami masih bisa ditemukan di beberapa negara Eropa. Salah satunya adalah Old Bazaar atau pasar tua di Skopje, ibu kota Macedonia Utara.

Old Bazaar Skopje merupakan bazaar tertua dan terbesar di kawasan Balkan, sekaligus menjadi salah satu landmark Kota Skopje.

Bazar biasanya lazim ditemukan di negara-negara Timur Tengah, Afrika Utara, dan Turki. Sedangkan di Eropa, bazar bisa ditemukan di negara-negara yang dulunya menjadi bagian dari Kekaisaran Utsmaniyah Turki.

Old Bazaar atau Pasar Tua Skopje telah ada sejak abad 12. Meski kini Macedonia Utara telah menjadi negara sendiri, Old Bazaar tetap dipertahankan dan menjadi magnet penarik turis.

Di Old Bazaar Skopje berjajar toko-toko yang menawarkan kerajinan tangan khas Turki seperti keramik dan karpet, toko suvenir, restoran makanan Turki dan Albania, kedai dessert khas Turki baklava, serta kedai kopi dan teh.

Old Bazaar Skopje di Macedonia Utara. (Foto: Istimewa)

Bila Anda memesan kopi di salah satu kedai, kopinya pun disajikan ala kopi Turki, yaitu dengan nampan tembaga dan terdiri dari tiga wadah yang terbuat dari tembaga. Di sepanjang jalan kecil berbatu juga ada beberapa masjid dan tiga hamam.

Suasana di Old Bazaar Skopje pun terasa seperti di negara Muslim di mana tak jarang ada warga lokal yang berhijab tengah melintas.

Salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi di Old Bazaar Skopje adalah Masjid Mustafa Pasha. Masjid yang berada di atas bukit ini dikelilingi oleh kebun mawar yang menawan dan menawarkan pemandangan Old Bazaar dari atas.

Masjidnya sendiri dibangun dengan gaya Utsmaniyah Turki dengan ciri khas kubah bulat dan minaret berujung runcing yang dibangun dengan batu kapur.

Old Bazaar Skopje yang sekarang telah dibangun berulang kali karena sempat hancur akibat dibakar tentara Austria pada abad 17 serta beberapa kali terkena gempa bumi. Tadinya ada lebih dari 2.150 toko, 30 masjid, penginapan, hamam, dan istana sultan.

Kini hanya tersisa toko-toko, kedai kopi, restoran, tiga hamam dan beberapa masjid di sini. Hamam dan penginapan atau caravanserai masih bisa dikunjungi, hanya saja fungsinya telah diubah menjadi museum atau galeri seni.

Old Bazaar Skopje di Macedonia Utara. (Foto: Istimewa)

Kawasan Old Bazaar Skopje merupakan rumah bagi etnis minoritas terbesar di Macedonia Utara, yaitu Etnis Albania. Bersama Etnis Roma dan Turks, mereka adalah pemeluk agama Islam.

Islam menjadi agama terbesar kedua di Macedonia Utara di mana dianut oleh 28 persen penduduk negara ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini